Waktu Salat Lailatul Qadar di Minggu Terakhir Ramadan, Laksanakan dari Jam Ini
Kapan waktu salat Lailatul Qadar (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang istimewa bagi umat Islam. Malam di mana Al-Quran diturunkan lebih baik daripada seribu bulan. Malam ini memiliki keutamaan sehingga umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. 

Barang siapa yang beribadah di malam Lailatul Qadar maka akan mendapat pahala yang berlipat. Salah satu amalan yang bisa dilakukan umat muslim adalah salat Lailatul Qadar. Ibadah ini termasuk salat sunnah yang dijalani di malam-malam terakhir bulan Ramadan. 

Setelah berpuasa melewati setengah Ramadan, biasanya umat muslim akan menanti-nantikan malam Lailatul Qadar. Malam istimewa ini diperkirakan jatuh pada malam ke-24 Ramadan atau 10 hari terakhir sebelum Idul Fitri. 

Malam Lailatul Qadar banyak dimanfaatkan oleh umat muslim untuk memperbanyak amalan di bulan Ramadan. Umat muslim biasanya menunaikan salat Lailatul Qadar di malam hari. Lantas kapan waktu salat Lailatul Qadar dan jam berapa dilakukannya?

Kapan Waktu Salat Lailatul Qadar?

Salat Lailatul Qadar dilakukan mulai malam ke-24 atau pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Lantaran jatuhnya perayaan Hari Raya Idul Fitri tidak selalu pasti atau terkadang berbeda waktu, maka Anda bisa memulai salat Lailatul Qadar di minggu-minggu terakhir bulan puasa.

Seperti salat malam lainnya, salat Lailatul Qadar dapat dijalani pada waktu setelah Isya hingga menjelang Subuh. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan salat Lailatul Qadar adalah dari pukul 20.30 hingga sebelum 04.34. 

Hukum Salat Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang mulia dalam Islam Keistimewaan malam Lailatul Qadar disebut dalam beberapa surat di Al-Quran dan hadist, yang salah satunya sebagai berikut:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ 

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) di malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar" (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5) 

Niat Salat Lailatul Qadar

Salat Lailatul Qadar dapat dilakukan paling tidak dengan 2 rakaat. Anda  bisa melaksanakan salat Lailatul Qadar dalam jumlah 4-12 rakaat. Berikut ini bacaan niat salat Lailatul Qadar yang perlu Anda ingat:

Niat Salat Lailatul Qadar 2 Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى 

Ushalli sunnatan fi lailatul qadri rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahita’ala 

Arti: Saya berniat sholat sunnah Lailatul Qadar dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala 

Niat Salat Lailatul Qadar 4 Rakaat

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلّٰهِ تَعَالٰى 

Ushalli sunnatan fi lailatul qadri arba’ataini mustaqbilal qiblati lillahita’ala 

Arti: Saya berniat sholat sunnah Lailatul Qadar empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala 

Tata Cara Salat Lailatul Qadar

Salat Lailatul Qadar bisa dilakukan 2 rakaat dengan satu salam atau 4 rakaat dengan satu salam. Berikut ini runtutan tata cara salat Lailatul Qadar dari niat hingga salam. 

  1. Membaca niat salat Lailatul Qadar
  2. Membaca surat Al-Fatihah
  3. Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak tujuh kali
  4. Ruku’, sujud, dan melakukan gerakan berikutnya seperti tata cara salat lainnya. 
  5. Kembali membaca surat Al-Fatihah, dilanjutkan membaca surat pendek
  6. Ruku’, sujud, dan melanjutkan gerakan seperti salat pada umumnya
  7. Tahiyat akhir
  8. Mengucapkan salam 

Demikianlah penjelasan kapan waktu salat Lailatul Qadar yang perlu diingat oleh umat muslim. Ibadah ini dilakukan di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, dari setelah Isya hingga sebelum Subuh. Setelah menyelesaikan salat ini, dianjurkan untuk membaca istghfar sebanyak 70 kali sebagai permohonan ampun kepada Allah. Baca juga mengenal malam nuzulul Quran yang istimewa.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI, Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.