Apa Itu Transit Love? Istilah Percintaan dari Korea yang Kini Dipakai Netizen Twitter
Ilustrasi transit love (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Belakangan istilah transit love banyak digunakan oleh netizen khususnya Twitter. Istilah tersebut berkaitan dengan kehidupan percintaan. Pengertian apa itu transit love sendiri muncul setelah aktris Korea Selatan Han So Hee mengaku bahwa ia punya hubungan spesial dengan Ryu Jun Yeol.

Kini transit love banyak dipakai oleh warganet untuk mendeskripsikan kehidupan percintaan mereka. Artikel ini akan menjelaskan arti transit love.

Apa Itu Transit Love

Transit Love adalah salah satu istilah yang populer digunakan oleh masyarakat di Korea Selatan. Transit Love dalam bahasa Korea dikenal dengan hwanseung yeonae. Awalnya, frasa tersebut merujuk ke sebuah variety show dating yang cukup populer di Korea Selatan.

Program tersebut digarap oleh stasiun televisi Korea Selatan SBS. Reality show tersebut mempertemukan dua sejoli yang pernah berkencan namun telah putus. Program Transit Love kemudian mempertemukan sekaligus membuat keduanya hidup bersama di satu rumah dalam jangka waktu yang ditentukan.

Menariknya, para peserta yang mengikuti variety show dating tidak semuanya lajang. Beberapa di antara mereka telah menjalin relationship atau memiliki pasangan namun jatuh cinta dengan perempuan lain. Orang-orang yang terlibat dengan Transit Love akan mengalami gejolak apakah mereka akan menjalin hubungan dengan orang lama atau dengan orang baru yang mereka temui.

Dari situlah istilah transit love kemudian dikaitkan dengan kondisi asmara seseorang. Transit love kadang dikaitkan dengan perselingkuhan. Namun banyak orang sepakat bahwa transit love dan perselingkuhan adalah dua hal yang berbeda meski perbedaannya cukup tipis.

Transit love dikaitkan dengan sebuah fenomena saat seorang laki-laki yang sudah punya kekasih, namun di tengah perjalanan si laki-laki tersebut jatuh cinta dengan wanita lain lalu memilih putus dengan kekasihnya demi bisa hidup dengan wanita barunya.

Yang membedakan antara transit love dengan perselingkuhan adalah bahwa salah satu dari pasangan berterus terang kepada pasanganya bahwa ia jatuh cinta dengan orang lain. Setelah hubungan keduanya berakhir, masing-masing bisa leluasa untuk mendekati orang yang disukainya.

Pemicu Transit Love

Transit love tidak terjadi begitu saja. Ada banyak pemicu yang membuat transit love terjadi. Beberapa hal yang bisa jadi pemicu transit love adalah sebagai berikut.

  • Tidak benar-benar mencintai pasangannya
  • Muncul rasa bosan dengan hubungan yang ada
  • Ada rasa tidak puas dengan pasangan, hubungan, atau kondisi yang berkaitan dengan percintaannya
  • Sugesti yang kuat bahwa ia tidak bahagia dengan pasangannya yang sekarang
  • Tekanan dari orang sekitar
  • Tekanan karena kondisi tertentu
  • Merasa kesepian
  • Masih ingin mencari hal baru dari orang lain

Itulah informasi terkait apa itu transit love. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.