7 Tips Membersihkasn Furnitur Kayu agar Terlihat Baru
Ilustrasi tips membersihkan furnitur kayu agar terlihat baru (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Furnitur kayu tidak hanya mengesankan klasik, desain interior modern pun, juga memasukkan bahan dasar kayu sebagai furnitur earthy. Meski banyak orang menganggap furnitur kayu sulit dibersihkan, tetapi tak membuat jenis furnitur ini turun level. Nah, supaya tetap terlihat baru, begini cara membersihkan furnitur kayu.

1. Pakai alat yang tepat

Banyak jenis kemoceng yang hanya membaurkan debu di udara alih-alih mengangkatnya tuntas dari furnitur kayu. Kain kering dan lembut serta kemoceng berbahan bulu-bulu lembut, akan efektif menghilangkan debu dari furnitur kayu. Jadi, pilihlah alat yang tepat yang bisa membersihkan furnitur Anda di rumah.

2. Seka dengan kain basah

Untuk membersihkan debu yang menempel pada furnitur dengan benar, tangkap dan hilangkan debu, bukan menyebarkannya ke seluruh permukaan. Untuk menghindari debu berhamburan ke udara, basahi sedikit kain mikrofiber sebelum menyekanya. Kemudian, hilangkan kelembapan berlebih dengan handuk kering.

tips membersihkan furnitur kayu agar terlihat baru
Ilustrasi tips membersihkan furnitur kayu agar terlihat baru (Freepik)

3. Jangan pakai semprotan serba guna

Saat membersihkan perabotan kayu, jangan pernah menggunakan semprotan pembersih serba guna, seperti yang digunakan pada meja dapur yang memiliki lapisan plastik. Jika Anda pernah menggunakan semprotan serba guna, ketahuilah bahwa residunya dapat mengganggu pemolesan dan mungkin memerlukan pemolesan ulang untuk memperbaiki tekstur.

4. Bersihkan dengan kain katun dan kondisioner berbahan dasar jeruk

Untuk perabotan kayu yang tua dan berharga, bisa memakai kain katun dan kondisioner berbahan dasar jeruk. Cara ini berguna mempertahankan warna supaya tidak memudar karena terpapar matahari. Selain itu, kondisioner juga meminimalisir perabotan kayu retak karena kekeringan.

5. Bersihkan jamur dengan kain lembut dan deterjen lembut

Tidak mudah membersihkan perabotan kayu yang berjamur. Perlu kesabaran dan kelembutan serta trik yang tepat. Jamur pada kayu bisa dituntaskan dengan kain yang dicelupkan sabun atau deterjen lembut.

6. Merawat furnitur kayu yang tergores

Perabotan kayu yang tergores kecil dan tipis, bisa dibenahi dengan lilin pengisi warna atau pena sentuh berujung flannel. Tetapi kalau goresannya dalam, gunakan batang lilin berwarna yang terseida di toko perangkat keras dan perbaikan rumah. Melansir Better Homes & Gardens, Rabu, 17 April, cocokkan bahan pengisi semirip mungkin dengan warna potongan Anda dan aplikasikan dalam beberapa lapisan tipis, bukan dalam satu lapisan tebal.

7. Memoles perangkat logam pada perabotan kayu

Kalau handle lemari kayu mulai menguning dan berkarat, saatnya memoles kembali. Jika memungkinkan, lepaskan perangkat keras dari furnitur kayu dan tentukan jenis logamnya dengan menguji magnet pada perangkat keras tersebut. Lalu bersihkan dengan pembersih logam atau kuningan. Lalu akhiri dengan gosok menggunakan handuk, kemudian pasang kembali. Tetapi kalau perangkat keras pada furnitur kayu tidak bisa dilepas, lakukan pembersihan dengan kain yang dibasahi pembersih logam.

Di atas merupakan cara mudah membersihkan perabot kayu supaya terlihat baru kembali. Untuk perawatan dan perbaikan yang spesifik, Anda bisa menghubungi ahli tukang kayu atau pengrajin perabotan kayu.