6 Prospek Kerja Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang Menjanjikan
Ilustrasi engineer listrik (foto: Pixabay/jarmoluk)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) merupakan salah satu jurusan dalam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurusan ini memiliki banyak peminat lantaran prospek kerja teknik instalasi tenaga listrik cukup menjanjikan.

Dikutip dari laman resmi SMK Budi Perkasa, teknik instalasi tenaga listrik adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan kendali elektromekanik, elektronik, dan Programable Logic Controller (PLC).

Beberapa mata Pelajaran yang diajarkan di jurusan Teknik Instalasi Tenaga listrik antara lain:

  • Gambar teknik listrik
  • Dasar listrik dan elektronika
  • Pekerjaan dasar elektromekanik
  • Instalasi penerangan listrik
  • Instalasi tenaga listrik
  • Instalasi motor listrik
  • Perbaikan peralatan listrik
  • Produk kreatif dan kewirausahaan
  • Sistem kontrol listrik berbasis PLC
  • Pekerjaan dasar elektromekanik

Lantas, apa saja prospek kerja jurusan teknik instalasi tenaga listrik? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Prospek Kerja Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Prospek karir yang bisa dipertimbangkan dalam jurusan teknik instalasi tenaga listrik antara lain:

  1. Engineering produksi

Semua industri memerlukan listrik untuk menjalakan kegiatan operasional. Lulusan TITL banyak dibutuhkan industri sebagai teknisi sistem kelistrikan untuk merawat dan memperbaiki sistem kelistrikan.

  1. Teknisi pemeliharaan di industri

Lulusan teknik instalasi tenaga listrik juga dapat bekerja sebagai teknisi pemeliharaan di sebuah industri. Tugasnya adalah memecahkan masalah mekanik, listrik dan hidrolik pada berbagai peralatan produksi dan fasilitas.

  1. Perusahaan pembangkit listrik

Berikutnya, lulusan teknik instalasi tenaga listrik juga punya peluang untuk berkarir di perusahaan pembangkit listrik, baik itu BUMN ataupun swasta. Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangkit listrik dan sangat membutuhkan lulusan SMK listrik. Salah satunya adalah PT Perusahaan Listrik Negara alias PLN.

  1. Teknisi service

Siswa SMK yang lulus dari jurusan TITL juga bisa bekerja sebagai teknisi service. Umumnya, menjadi seorang ternisi service AC atau barang elektronik lainnya. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara fulltime ataupun sebagai sampingan.

  1. Operator produksi

Prospek kerja teknik instalasi tenaga listrik yang berikutnya adalah sebagai operator produksi di perusahaan komponen listrik atau manufaktur alat listrik. Operator produksi adalah pekerja yang bertanggung jawab atas berbagai tugas yang berhubungan dengan produksi di pabrik atau fasilitas manufaktur.

  1. Wirausaha

Lulusan TITL juga bisa menjadi seorang wirausaha lantaran punya bekal ilmu kewirausahaan dan memiliki kehalian tentang seluk beluk instalasi kelistrikan. Dua hal ini bisa dijadikan modal untuk membuka usaha di bidang kelistrikan, seperti membuka service atau instalasi sistem kelistrikan rumahan atau gedung, toko komponen kelistrikan, jasa service AC/elektronik, dan lain-lain.

Demikian informasi tentang prospek kerja jurusan teknik instalasi tenaga listrik. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.