Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam Paling Mudah
Ilustrasi HP mati (Pixabay/noelsch)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara mengatasi HP mati hidup sendiri baterai tanam sebenarnya cukup beragam. Pemilik bisa mencoba salah satu cara dan berganti ke cara lain jika cara sebelumnya tidak berhasil.

Perlu diketahui bahwa HP mati hidup sendiri pada baterai tanam kadang cukup menyulitkan. Pasalnya pencabutan daya baterai tidak bisa dilakukan seketika.

Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri Baterai Tanam

Masalah ponsel hidup mati sendiri bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya karena memori yang terlalu penuh atau OS yang telah usang. Untuk mengatasi HP baterai tanam mati hidup sendiri simak beberapa cara berikut ini.

  1. Restart

Cara paling cepat dan efektif adalah dengan memulai ulang (restart) HP. Cara ini akan membantu menyelesaikan masalah pada memori yang terlalu penuh. Cara restart HP secara paksa bisa dilakukan yakni dengan menahan tombol 'Power' hingga ponsel mati dan muncul logo.

  1. Factory Reset

Metode ini juga sangat ampuh untuk mengembalikan performa ponsel seperti sedia kala. Namun patut diingat bahwa factory reset akan membuat data di dalam ponsel terhapus seluruhnya. Pastikan untuk memindahkan data penting yang tersimpan di ponsel lewat PC atau laptop.

  1. Pastikan Daya Ponsel Penuh

Daya ponsel yang habis juga bisa memicu ponsel jadi nyala-mati secara berulang. Oleh karena itu pastikan dulu daya baterai terisi penuh atau setidaknya cukup agar HP bisa beroperasi normal. Setelah itu coba untuk menyalakan lagi HP seperti biasa.

  1. Ganti Baterai Ponsel

Baterai ponsel yang drop atau bermasalah biasanya tak mampu menyimpan daya dengan baik. Ciri-cirinya adalah daya ponsel mendadak berkurang drastis meski proses isi ulang daya dilakukan sampai penuh. Agar ponsel bisa hidup stabil segera ganti baterai HP original. Hindari produk imitasi karena akan merusak HP di kemudian hari.

  1. Update Sistem

Ponsel sering mati nyala juga bisa terjadi karena adanya bug pada perangkat lunak. Kondisi ini memang kerap terjadi terutama pada OS yang belum diperbaharui. Oleh karena itu cobalah untuk meng-update lebih dulu sistem operasi pada ponsel. Pastikan memilih OS keluaran terbaru agar bug bisa hilang.

Cara update OS HP mudah, yakni masuk ke pengaturan, lalu masuk ke Pembaruan Perangkat Lunak. Klik opsi tersebut lalu pilih Periksa Pembaruan. Jika masih ada pembaruan yang belum terinstal silakan lakukan penginstalan untuk memperbaiki bug.

  1. Cek Tombol Power

Tombol power yang rusak berpotensi membuat ponsel mati dan nyala sendiri. Kerusakan bisa membuat tombol terpencet secara tidak sengaja. Oleh karena itu coba untuk cek apakah tombol power masih dalam kondisi baik. Jika dirasa tidak segera bawa ponsel ke tempat service agar dilakukan penggantian tombol power.

  1. Cek Pengaturan Off Otomatis

Pastikan bahwa Anda tidak mengaktifkan pengaturan ponsel mati otomatis. Beberapa ponsel memiliki kemampuan untuk mematikan ponsel sesuai keinginan secara otomatis. Pastikan bahwa fitur ini tidak aktif. Ketahui cara mematikan HP otomatis agar bisa menonaktifkannya lagi.

Itulah beberapa cara mengatasi hp mati hidup sendiri baterai tanam. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.