5 Rebusan Daun untuk Asam Lambung, Obat Alami yang Mudah Dibuat
Rebusan daun untuk asam lambung (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Naiknya asam lambung menjadi kondisi yang sangat mengganggu dan menyiksa. Selain harus menahan sakit, penderitanya juga kesulitan melakukan aktivitas seperti biasa. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan ini. 

Mungkin selama ini penderita asam lambung meringankan gejalanya dengan mengonsumsi obat. Di samping itu, Anda juga bisa mengobati asam lambung menggunakan bahan alami. Ketika asam lambung kambuh, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan beberapa jenis daun. 

Beberapa jenis daun bisa kamu manfaatkan untuk meredakan gejala asam lambung. Cara pengobatan alami ini juga berperan baik untuk kesehatan pencernaan. Lantas apa saja resep rebusan daun untuk asam lambung yang perlu Anda ketahui?

Rekomendasi Rebusan Daun untuk Asam Lambung

Mengonsumsi air rebusan daun menjadi cara alami untuk mengatasi sakit asam lambung. Bahan-bahan daun yang bisa Anda gunakan ini mudah ditemukan di halaman rumah maupun di pasar atau supermarket. 

Berikut ini beberapa resep rebusan daun yang bisa Anda buat untuk membantu mengatasi asam lambung:

Air Rebusan Daun Kemangi

Salah satu tanaman yang dikenal mampu membantu meredakan asam lambung adalah daun kemangi. Daun ini merupakan sumber nutrisi yang kaya, mengandung vitamin C, kalsium, betakaroten, zat besi, fosfor, apigenin, eugenol, serta asam amino arginin dan triptofan. Studi menunjukkan bahwa daun kemangi dapat melindungi lambung dari gejala luka.

Manfaat daun kemangi termasuk menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan produksi lapisan lendir yang melindungi dinding lambung. Selain itu, daun kemangi membantu menjaga keseimbangan asam tubuh dan mengatur pH yang sehat. Konsumsi daun kemangi dapat dilakukan secara langsung maupun dengan membuat air rebusan.

Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih dikenal luas karena sifat antibakterinya yang membantu melawan pertumbuhan bakteri berbahaya. Daun ini juga dapat meredakan nyeri lambung dan gejala GERD dengan meningkatkan produksi lendir di usus dan lambung untuk mencegah kerusakan.

Selain melindungi usus dari racun dan radikal bebas, daun sirih juga menyeimbangkan tingkat keasaman asam lambung, meredakan gejala maag, mencegah asam lambung naik dan perut kembung.

Air Rebusan Daun Kelor

Daun kelor juga sering digunakan sebagai obat alami untuk masalah pencernaan, termasuk asam lambung. Kandungan tanin dan flavonoid di dalamnya berperan sebagai antioksidan nabati yang efektif dalam mengurangi peradangan dan iritasi. 

Daun kelor juga dapat membantu mengatasi masalah maag. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun kelor juga berkontribusi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Cobalah membuat rebusan daun kelor dan meminum airnya untuk meredakan kondisi asam lambung. 

Air Rebusan Daun Mint

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Drug Research menunjukkan bahwa daun mint memiliki manfaat dalam pencegahan gangguan pencernaan. Daun mint telah terbukti memiliki kemampuan untuk merilekskan otot di sekitar kerongkongan. 

Daun mint juga dapat membantu dalam mengatur produksi asam lambung yang berlebihan. Dengan cita rasa segar yang lezat, daun mint dapat memberikan kenyamanan dan relaksasi pada sistem pencernaan.

Air Rebusan Daun Pepaya

Senyawa flavonoid dan fenol dalam daun pepaya telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan tingkat asam lambung. Tidak hanya itu, daun ini juga mengandung enzim protease dan amilase untuk meningkatkan fungsi pencernaan. 

Kandungan enzim tersebut berperan menguraikan protein, karbohidrat, dan mineral untuk melancarkan kinerja pencernaan. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh daun pepaya dapat mengurangi pembentukan luka akibat asam lambung di dalam lambung.

Demikianlah rekomendasi rebusan daun untuk asam lambung yang bisa Anda coba di rumah. Selain membantu meredakan gangguan asam lambung, resep rebusan daun di atas juga bermanfaat baik menjaga kesehatan pencernaan. Baca juga madu hitam untuk asam lambung dan cara pengobatannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.