6 Tips Mencegah Wajah Semakin Berminyak saat Cuaca Panas
Ilustrasi (Gustavo Fring/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu tantangan paling sulit yang dihadapi oleh pemilik kulit berminyak adalah cuaca yang panas. Cuaca panas dapat membuat kulit semakin berminyak, menyebabkan semakin banyak munculnya komedo, dan jerawat.

Panas, kelembapan, keringat, dan kelebihan minyak dapat memperparah keadaan kulit. Dilansir dari Times of India, Kamis, 2 Mei, berikut adalah beberapa langkah merawat kulit agar tidak semakin berminyak di cuaca yang panas, penasaran?

Ganti pembersih wajah

Membersihkan wajah merupakan salah satu langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit. Selama musim panas, Anda perlu menggunakan produk pembersih wajah yang membantu mengatur produksi sebum pada kulit, saran Dr. Shaurya Thakran, MD sekaligus penemu Rakshaa Aesthetics. Pilihlah jenis sabun berbentuk foam, karena ini dapat melembabkan sekaligus membantu menyerap minyak berlebih dari kulit. Sehingga menjaga kulit tetap bersih. 

Kandungan bahan seperti asam glikolat dan asam salisilat sangat bagus digunakan saat musim panas. Perlu diingat, hindari mencuci muka tiga kali sehari sebab membersihkan wajah secara berlebihan dapat menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga produksi minyak berlebih rentan terjadi. 

Kurangi langkah-langkah perawatan kulit di pagi hari

Kurangi jumlah langkah dalam rutinitas perawatan kulit Anda, terutama di pagi hari. Penggunaan serum, pelembap, dan sunblock bisa jadi terlalu berat bagi kulit sehingga menyebabkan minyak dan keringat berlebih di wajah. Jadi, lewati serum dan hanya gunakan pelembab ringan diikuti dengan tabir surya. Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak, pilihlah tabir surya yang memiliki sifat menghidrasi sehingga Anda bisa menggunakan satu produk saja.

Pilih pelembab yang ringan

Hanya karena cuaca sedang panas, jangan pernah lewatkan penggunaan moisturizer atau pelembab. Pasalnya, jika kering kulit cenderung menghasilkan lebih banyak minyak sehingga nantinya wajah tampak makin berminyak. Untuk menghindarinya, pilihlah pelembap ringan berbahan dasar air atau gel dengan bahan seperti asam hialuronat yang sangat ringan di kulit tapi bisa menghidrasi kulit dalam waktu lama. 

Hindari produk riasan berbahan dasar krim 

Untuk mencegah kulit makin berminyak di musim panas, sebisa mungkin gunakan produk riasan seminim mungkin. Sebab, semakin banyak Anda melapisi kulit dengan produk riasan yang berbeda, kemungkinan besar kulit akan makin terlihat berminyak. Produk makeup berbentuk krim seperti foundation, concealer, dan blush on, dapat membuat kulit terlihat cepat kusam. 

Untuk menghindarinya, cobalah pilih produk makeup dengan formula ringan seperti skin tint atau tinted moisturizer. Yang dapat menutup imperfection pada kulit namun memberikan rasa ringan. Lalu, Anda juga bisa memilih produk jenis bedak seperti bedak tabur, bronzer, dan highlighter guna mengindari kulit berminyak.  

Gunakan kertas minyak

Untuk solusi cepat menghilangkan minyak berlebih dari wajah, kertas penyerap minyak bisa menjadi penyelamat. Mudah dibawa kemana-mana dan dapat menyerap minyak tanpa mengganggu riasan Anda.

Gunakan masker berbahan dasar tanah liat

Masker dengan bahan dasar clay atau tanah liat dan kaolin sangat bagus untuk menyerap minyak dan kotoran dari kulit. Sehingga memberikan tampilan wajah lebih halus. Gunakan masker seminggu sekali untuk menjaga kulit dari kayak berlebih. 

Jangan biarkan kulit berminyak Anda merusak musim panas yang harus dirayakan dengan liburan ke pantai atau aktivitas luar ruangan seru lainnya. Ikuti tips mudah ini dan nikmati kulit wajah bebas minyak berlebih.