Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatan Anak
Ilustrasi Anak Berenang (Alexandr Podvalny/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak anak-anak sangat gembira bila diajak berenang. Pada dasarnya anak-anak suka bermain air dan menganggap berenang bukan sebagai olahraga, tapi hiburan yang menyenangkan. Oleh karena itu, tak heran jika anak-anak merasa senang jika diajak berenang oleh orang tua. 

Bila anak suka berenang, ini merupakan kabar baik, sebab banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga air ini. Berenang memiliki banyak keuntungan untuk anak dari segi kesehatan dan perkembangannya. Yuk simak apa saja manfaat berenang untuk anak! 

Melatih otot

Ketika anak berenang, ia akan terus bergerak dan mengeluarkan tenaga lebih besar. Gerakan demi gerakan dalam air ini akan membuat ototnya terus bekerja. Jika rutin dilakukan, berenang bisa melatih perkembangan ototnya dan membuat anak jadi lebih kuat. 

Jantung dan paru-paru lebih kuat 

Berenang memang dikenal baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Ini karena gerakannya melatih anak untuk mengatur napas dalam air. Semakin sering dilatih, paru-paru dan jantungnya bisa makin sehat dan dapat bekerja dengan maksimal. Yuk ajak anak berenang secara rutin agar manfaatnya lebih bisa terasa! 

Mencegah obesitas

Obesitas pada anak sangat berbahaya karena bisa menimbulkan resiko diabetes. Bila anak suka makan berlebihan, jarang bergerak, dan tidak suka olahraga, coba ajak ia berenang. Sebab kegiatan berenang bisa meningkatkan stamina, postur tubuh lebih baik, dan mencegah obesitas. 

Daripada memaksa anak untuk olahraga yang ia tidak senang, kenapa tidak mengajaknya berenang? Bagi anak mungkin sekadar hiburan, tetapi tetap berpengaruh pada kesehatannya. 

Kualitas tidur lebih baik

Umumnya anak akan tidur lebih nyenyak ketika habis berenang. Energinya akan cukup terkuras ketika berenang dan ini akan berdampak pada peningkatan kualitas tidur yang tentunya baik untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Meningkatkan keterampilan motorik

Ternyata anak yang rutin berenang sejak kecil akan memiliki koordinasi mata dan tangan lebih baik. Bayi mulai usia enam bulan sudah boleh diperkenalkan berenang Namun, kalau masih ragu bisa juga memulai pada usia 1-2 tahun agar lebih dini belajar, semakin baik untuk kedepannya.