Apa Saja Penyebab Tekanan Darah Rendah? Kenali Gejalanya
Ilustrasi penyebab tekanan darah rendah (Freepik/jcomp)

Bagikan:

JAKARTA – Tekanan darah rendah memiliki gejala yang hampir sama dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Apabila Anda mengalaminya maka akan merasakan pusing, badan kurang fit, pandangan kabur, kurang berenergi, dan kurang fokus hingga merasa kebingungan.

Tekanan darah normal orang dewasa kurang lebih 120/80 mmHg. Ketika tekanan darah drop hingga 90/60 mmHg maka bisa dikatakan mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah. Meski pada kondisi tertentu tidak berbahaya, tetapi dalam sebuah studi tekanan darah rendah dapat disebabkan anxiety.  

Sebagai referensi, tekanan darah rendah dapat disebabkan beberapa kondisi antara lain sebagai berikut di bawah ini.

Dehidrasi

Ini mengapa dianjurkan untuk cukup minum air mineral setiap harinya. Sebab dehidrasi dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Dehidrasi dapat menyebabkan sel tubuh kekurangan jumlah cairan. Efeknya sirkulasi dan volume darah semakin terbatas.

Efek samping obat

Apabila Anda mengonsumsi obat tertentu yang bersifat antidepresan, beta blocker, dan obat lain yang memicu sering buang air kecil maka dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Obat lain yang dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi juga menyebabkan tekanan darah menurun.

Nah, untuk mendapatkan keterangan pasti tentang obat yang Anda minum, maka dibutuhkan arahan dan berdasarkan resep dari dokter.

Alergi

Alergi merupakan respons tubuh terhadap zat asing yang masuk dalam tubuh. Efek dari alergi dapat menyebabkan tekanan darah rendah, gatal, peradangan hingga gangguan pernapasan.

Tekanan darah rendah yang dipicu oleh alergi ini banyak dialami oleh seseorang yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap makanan, obat maupun zat tertentu.

Diet ketat

Apabila Anda sedang menjalani diet, keseimbangan asupan nutrisi perlu dijaga. Apabila luput sedikit saja, maka dapat menyebabkan persoalan pada tubuh seperti salah satunya mengalami tekanan darah rendah.

Diet ketat juga dapat menyebabkan hal lain yang mirip seperti anemia. Ini berarti dalam diet Anda perlu memilah dan mengonsumsi makanan apa saja yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya.

penyebab tekanan darah rendah
Ilustrasi pusing karena tekanan darah rendah (Freepik/wayhomestudio)

Terlalu lama berdiri

Penyebab tekanan darah rendah ini seringkali dialami oleh anak-anak. Dikenal dengan sebutan neurally mediated hypotension yang terjadi karena otak mengalami kesalahan menerima sinyal. Apabila terlalu lama berdiri, maka tekanan darah akan menurun dan terasa pusing hingga menyebabkan pingsan.

Terjadi masalah pada jantung

Penyebab lain dari tekanan darah rendah adalah terjadi masalah pada jantung, antara lain detak jantung terlalu lemah, katup jantung bermasalah, gagal jantung, dan serangan jantung. Saat mengalami masalah tersebut, jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal dan mengakibatkan tensi rendah.

Kehamilan

Pada wanita hamil, sistem peredaran darah akan meluas dengan cepat. Efek yang terjadi tekanan darah merendah. Kondisi tersebut acap kali dialami pada usia kehamilan 1 hingga 24 minggu. Untuk mengatasinya, disarankan konsultasi pada dokter kandungan.