Golden Milk, Minuman Lezat dan Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Ilustrasi Golden Milk (Daria Shevtsova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sedang mencari minuman enak dan sehat? Anda wajib mencoba golden milk atau biasa juga disebut golden latte. Jadi, minuman ini terbuat dari campuran susu dan kunyit. Tapi banyak juga yang menambahkan jahe dan kayu manis agar rasanya lebih kaya rempah. 

Golden milk ini bukan minuman baru, melainkan jenis ramuan kesehatan yang telah lama dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ya, campuran susu dan kunyit ini memang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak gampang jatuh sakit. 

Selain itu, golden milk juga bagus untuk melancarkan pencernaan sebab bermanfaat untuk kesehatan lambung dan usus. Kunyit juga termasuk rempah kaya antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas penyebab banyak penyakit.

Untuk Anda yang sedang pilek, Anda bisa mencoba minum golden milk hangat karena dapat membantu meredakan kondisi tersebut. Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang bisa membantu mencegah infeksi. 

Nah, kalau sering susah tidur atau memang punya insomnia, Anda juga wajib coba minuman ini. Sebab komposisi rempah dan susunya bisa memberikan efek relaksasi dan membantu Anda mudah terlelap. Tidak hanya itu, tidur pun jadi lebih berkualitas!

Bahkan, golden milk diyakini dapat menurunkan gejala depresi dan membuat suasana hati jadi lebih baik. Manfaat lain dari minuman berwarna kuning ini adalah bisa menjaga kekuatan tulang. Dengan rutin minum golden milk artinya kamu bisa memenuhi  kebutuhan kalsium dan vitamin D harian. 

Banyak sekali, ya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minuman ini? Kalau penasaran dengan rasanya, mari coba bikin sendiri di rumah! 

Bahan: 

  • ½ gelas susu putih cair 
  • 1 sdt madu
  • 1 ruas kunyit atau 1 sdt bubuk kunyit 
  • ½ sdt bubuk kayu manis
  • 1 ruas jahe kecil 

Cara membuat:

  1. Kupas kunyit dan jahe, iris tipis
  2. Campur semua bahan dalam panci, masak sampai mendidih
  3. Angkat dan saring agar airnya bersih dari sisa rempah
  4. Golden milk siap dihidangkan, bisa hangat atau dingin sesuai selera