Tips Memasak Sayur agar Tidak Kehilangan Nutrisi
Ilsutrasi Sayuran (Ella Olsson/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Untuk meningkatkan kesehatan, Anda pasti sudah sering mendengar bahwa kita harus rajin makan sayuran. Tapi jangan sembarangan mengolah sayuran, sebab bisa jadi nutrisinya malah hilang dan Anda tidak mendapatkan manfaatnya untuk tubuh. 

Lalu, bagaimana cara memasak sayur yang paling baik? Ikuti tips berikut ya!

Cuci dengan air mengalir 

Sebelum mulai memasak, pastikan Anda mencuci semua sayuran untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel, bakteri, atau pestisida. Cukup mencucinya di air mengalir dan bukan direndam di wadah, apalagi dengan air panas. Saat Anda merendam sayuran, nutrisinya bisa hilang. Jadi sebaiknya dibersihkan secukupnya di bawah pancuran keran saja ya! 

Memotong sayur dalam ukuran besar

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau memotong sayuran kecil-kecil itu bisa membuat nutrisinya hilang, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin C! Kalau memungkinkan dimasak utuh akan lebih baik lagi. Jika dirasa terlalu besar bagaimana? Anda bisa memotongnya setelah matang. 

Jangan memasak pada suhu tinggi

Paling baik memang memasak sayuran itu secukupnya saja agar masih fresh dan rasanya pun lebih enak. Sebisa mungkin malah sayuran itu masih segar dan berbentuk seperti aslinya. Jadi tidak disarankan untuk mengolah berlebihan agar tetap sehat. Saat memasak sayur, jangan terlalu lama pada suhu tinggi sebab bisa menghilangkan nutrisinya. 

Pilihan metode memasak sayur yang sehat 

Sayuran memang merupakan bahan yang cukup mudah diolah jadi berbagai jenis makanan. Namun, Anda sebaiknya memilih metode yang tepat agar nutrisinya masih terjaga. Proses memasak yang lebih sehat antara lain dikukus, panggang, rebus, dan tumis dengan minyak sehat seperti olive oil atau canola.

Kalau sayuran yang Anda pilih tidak terlalu keras, bisa juga menggunakan teknik blanching, yaitu merebus sayuran dalam waktu cepat pada suhu rendah hanya untuk mematangkan saja. Intinya, semakin sedikit atau sebentar proses memasak, akan lebih baik.