Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam dunia kerja perkantoran, ada banyak istilah yang digunakan untuk menunjang komunikasi. Istilah dalam kantor biasanya diserap dari bahasa Inggris. Banyak pula istilah yang kemudian disingkat. Bagi pekerja kantoran baru penting untuk memahami istilah dan singkatan yang dipakai di lingkungan kerja.

Istilah-istilah Dalam Pekerjaan Kantor

Istilah perkantoran di Indonesia saat ini terus berkembang. Beberapa kosakata yang perlu dipahami adalah sebagai berikut.

  1. Key Performance Indicator (KPI)

KPI adalah istilah yang merujuk pada metode pengukuran kinerja karyawan di sebuah perusahaan. Istilah ini digunakan untuk membantu pimpinan perusahaan memperbaiki atau memastikan karyawan bekerja sesuai target.

  1. Standard Operational Procedures (SOP)

Istilah SOP merujuk pada prosedur pekerjaan yang wajib ditaati oleh karyawan. Di perkantoran, SOP biasanya disajikan dengan cara tertulis. Setiap karyawan wajib mematuhi SOP yang berlaku.

  1. Overtime (OT)

Dalam konteks pekerjaan kantoran, overtime merujuk pada jam kerja tambahan di luar jam kerja reguler. OT bisa juga dimaknai sebagai kerja lembur.

  1. Follow Up

Follow Up adalah tindak lanjut yang harus dilakukan oleh karyawan terhadap rencana, permintaan, kegiatan, atau komunikasi yang dilakukan antara perwakilan perusahaan dengan pihak lain. Tindak lanjut dilakukan dengan mengandalkan komunikasi.

  1. Work From Home (WFH)

WFH merujuk pada kerja remote jarak jauh dari rumah. Istilah ini mulai populer sejak Indonesia dilanda pandemi.

  1. Work From Office (WFO)

WFO adalah istilah yang merujuk pada pelaksanaan kerja dilakukan di kantor. Istilah ini kebalikan dari WFH.

  1. Cut Off

Perusahaan yang memerlukan efisiensi akan melakukan cut off. Istilah ini merujuk pada pengakhiran mitra, pekerja, atau penghentian pekerjaan.

  1. Layoff

Layoff merujuk pada pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh perusahaan dalam jumlah besar.

  1. On Duty

Merujuk pada kondisi dimana seseorang masih dalam masa tugasnya. Istilah ini digunakan terutama oleh pekerja lapangan di bagian pelayanan.

  1. Benchmarking

Benchmarking adalah proses membandingkan satu hal dengan hal lain menggunakan tolak ukur pasti. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan aktivitas perkantoran.

  1. Asesmen

Istilah ini merujuk pada kegiatan penilaian atau evaluasi terhadap kompetensi.

  1. Brainstorming

Diskusi yang dilakukan oleh para pekerja di satu perusahaan dengan tujuan menghasilkan ide, strategi, atau sudut pandang baru disebut Brainstorming.

  1. Human Resources Department (HRD)

Di sebuah perusahaan terdapat divisi pengelolaan sumber daya manusia. Divisi ini dinamakan dengan HRD.

  1. Internal Memo

Untuk menunjang pekerjaan dan komunikasi, dibuat surat komunikasi resmi yang disebut dengan internal memo.

  1. Plan of Action

Istilah ini merujuk pada rencana tindakan atau rencana kerja untuk mencapai target dan hasil tertentu.

  1. Reimbursement

Istilah reimbursement merujuk pada penggantian biaya yang dikeluarkan karyawan untuk kepentingan perusahaan. Pengeluaran kemudian akan diganti oleh bagian keuangan.

Itulah beberapa istilah-istilah dalam pekerjaan kantor. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.