JAKARTA - Kebiasaan berbelanja online masyarakat Indonesia tampaknya mengalami pergeseran selama bulan Ramadan. Masyarakat ternyata tidak banyak melakukan belanja online saat menunggu waktu berbuka puasa atau biasa disebut ngabuburit.
Di bulan Ramadan 2025 ini, tren baru muncul, yakni masyarakat Indonesia lebih menyukai berbelanja online pada saat sahur.
“Cuma ternyata yang paling digemari sama masyarakat itu adalah waktu sahur,” kata Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, di acara Bicara Tren Ramadhan 2025, di Sudirman, Jakarta Pusat, pada Senin, 17 Maret 2025.
Saat sahur dianggap sebagai waktu dan kesempatan yang sangat ideal bagi masyarakat untuk melakukan transaksi online di dua aplikasi.
“Waktu sahur itu di Tokopedia dan TikTok Shop itu adalah waktu yang paling ideal untuk belanja barang-barang, atau melakukan transaksi,” tuturnya.
Hal tersebut terbukti dengan nilai transaksi belanja online di pekan awal Ramadan 2025. Disebutkan bahwa transaksi online meningkat lebih dari 10 kali lipat saat sahur di Tokopedia dan TikTok Shop, yang menjadi fenomena baru menarik di bulan Ramadan.
“Transaksi saat sahur itu naik 10,5 kali lipat selama bulan Ramadan. Ini sangat luar biasa sekali ya, fakta yang cukup menarik waktu bulan Ramadan ini,” pungkas Aditia.
BACA JUGA:
Adapun produk yang paling banyak dicari dan dibeli merupakan yang dibutuhkan masyarakat selama bulan Ramadan. Untuk kebutuhan pangan mulai dari camilan, minyak goreng, gula, kue, serta kurma yang menjadi pilihan utama untuk dibeli masyarakat saat Ramadan.
Dalam kategori fashion masyarakat banyak mencari baju muslim wanita, tas pria, hijab, baju muslim pria, peralatan ibadah seperti mukena. Produk perawatan diri dan kecantikan juga sangat diminati di bulan Ramadan.