Kamu Penderita Asam Urat? Jauhi Makanan Tinggi Purin Berikut Ini
Ilustrasi nyeri sendi gejala asam urat (Pexels/Miriam Alonso)

Bagikan:

MEDAN – Apabila Anda penderita asam urat, sebaiknya menghindari makanan pantangan terutama yang mengandung purin.

Perlu diketahui, purin adalah zat alami yang diolah tubuh menjadi asam urat. Apabila menumpuk, maka akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti gejala nyeri sendi, pembengkakan atau peradangan.

Untuk menghindari purin menumpuk dalam tubuh, maka hindari makanan pantangan asam urat, apa saja? Berikut VOI rangkum.

1.     Daging

Meskipun tidak semua daging, tetapi hendaknya memilih daging yang baik atau tidak mengandung tinggi purin. Jenis daging yang mengandung tinggi purin antara lain daging bebek, daging angsa, daging sapi, dan daging kambing.

Untuk daging ayam, Anda bisa memilih bagian selain dada dan kulit sebab setiap 100 gram dada ayam mengandung 175 miligram purin. Artinya Anda dapat memilih daging ayam yang rendah lemak serta kandungan purinnya rendah.

2.     Jeroan

Tidak hanya orang yang mengalami asam urat perlu menghindari jeroan. Termasuk Anda yang mengalami darah tinggi dan kolesterol, jeroan baiknya dihindari untuk dikonsumsi termasuk usus, otak, jantung, ginjal, babat, dan hati.

3.     Ikan dan makanan laut

Bukan berarti protein tidak dibutuhkan, tetapi bagi penderita asam urat perlu lebih selektif dalam memilih jenis ikan dan makanan laut untuk dikonsumsi. Ikan yang perlu dihindari antara lain ikan sarden, mackerel, tuna, teri, dan trout.

Sedangkan makanan laut, baiknya menghindari kepiting, udang, kerang, dan telur ikan.

4.     Asparagus dan bayam

Kedua sayuran ini paling nikmat diolah menjadi cream soup dan sup berkuah. Tetapi, bagi Anda yang sering nyeri sendi karena tingginya purin pantang mengonsumsi dua macam sayuran ini. Dalam 100 gram asparagus mengandung 23 gram purin dan pada bayam sejumlah 57 gram purin.

Selain dua sayuran ini, buncis, jamur, kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan kembang kol perlu dihindari bagi penderita asam urat

5.     Makanan yang mengandung ragi

Paling mudah untuk mengidentifikasi makanan yang mengandung ragi adalah makanan yang terlihat mengembang, seperti roti, kue, dan biskuit.

6.     Buah nanas, durian, dan nangka

Terlihat karakter buah yang dapat memicu purin, yaitu berkulit berduri seperti durian dan nangka. Keduanya mengandung tinggi purit yang bisa memicu asam urat tinggi. Nah, sedangkan nanas, yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah adalah kandungan alkohol di dalamnya.

7.     Makanan olahan dari kedelai

Baik itu tahu maupun tempe yang paling sering untuk konsumsi harian, Anda yang menderita asam urat perlu meminimalisir makanan olahan dari kedelai.

Pada dasarnya, jenis makanan di atas hanya perlu dikontrol ketika mengonsumsinya. Sebisa mungkin mengonsumsi dengan porsi terkecil atau tidak terlalu sering dalam jumlah besar.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 7 Jenis Makanan Pantangan Asam Urat yang Mengandung Purin Tinggi.

Selain Makanan Tinggi Purin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!