10 Panduan Mendekorasi Kamar Tidur Berdasarkan Feng Shui
Ilustrasi dekorasi kamar tidur menurut feng shui (Pexels/Jason Boyd)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak arsitektur maupun desainer interior memegang prinsip feng shui dalam mengatur sebuah bangunan maupun ruangan. Sebab feng shui memadukan prinsip keseimbangan unsur-unsur alam, maka tak keliru apabila Anda mengimplementasikan ketika mendekorasi ruangan tidur.

Dalam pengaturan ruangan, feng shui mempertimbangkan bahan furnitur, arah mata angin, warna, posisi, keharmonisan, pergerakan udara, dan cahaya. Untuk memperbarui suasana kamar tidur, berikut panduan berdasarkan feng shui yang dapat diaplikasikan secara mudah.

Mengatur posisi tempat tidur

Meletakkan tempat tidur di tengah ruangan tidak boleh dilakukan. Karena kepala harus terlindungi oleh dinding yang padat. Maka, baiknya letakkan bagian kepala tempat tidur mepet atau berdekatan dengan dinding.

Memberi dekorasi agar lebih estetis

Anda dapat meletakkan nakas di salah satu sisi bed maupun kedua sisinya. Pilih bahan yang seimbang, misalnya apabila bed disangga dipan berbahan kayu, maka pilih nakas berbahan kayu pula.

Menempatkan dua hal yang berpasangan, seperti dipan dan nakas kayu, bisa memancarkan energi yang seimbang. Bila hanya satu sisi, seimbangkan dengan satu properti lain agar seimbang, misalnya meja rias atau lampu tidur standing agar semakin sedap dipandang mata.

Berikan sentuhan seni dengan menempel lukisan dinding. Ini penting agar dinding tidak kosong dan terkesan ‘dingin’.

Untuk menambah energi positif dalam kamar tidur, letakkan tanaman kecil dengan media tanam air agar melengkapi unsur alam di dalam kamar tidur. Bisa juga dengan menggantungkan lukisan atau foto yang menggambarkan elemen air.

Warna

Kamar tidur dengan dekorasi dan tata ruang yang baik akan mengalirkan energi positif. Efeknya dirasakan lewat kualitas tidur dan kenyamanan. Kehidupan dengan pasangan juga akan lebih harmonis.

Berdasarkan feng shui, Anda perlu memilih warna cat kamar tidur yang netral. Misalnya warna-warna calm seperti krem, cokelat, kuning hangat, dan hijau toska yang lembut.

Posisi cermin

Hindari posisi cermin berhadapan dengan tempat tidur. Ini mengantisipasi cahaya memantul maupun memantulkan bayangan Anda ketika tertidur. Hal ini bisa mendatangkan energi negatif.

Disamping itu, barang yang sudah tidak dipakai perlu disingkirkan sebab jadi sumber energi negatif. Dengan menyingkirkan barang yang tidak berguna, kekacauan juga tersingkirkan. Efeknya menebarkan energi positif dan kebahagiaan.  

Hias dengan bunga segar

Apabila tidak menyukai bercocok tanam, Anda dapat sesekali membeli seikat bunga segar untuk menghias kamar tidur. Energi bunga atau tanaman di dalam kamar tidur bersifat menetralkan.

tips dekorasi kamar tidur
Ilustrasi bunga segar di kamar tidur (Pexels/Max Vakhtbovych)

Atur posisi pintu dan tempat tidur

Baik pintu keluar kamar tidur atau pintu kamar mandi sebaiknya tidak diletakkan sejajar atau segaris lurus dengan tempat tidur. Pintu menyombolkan kontrol kehidupan.

Baiknya posisikan tempat tidur yang bisa mengontrol aliran energi dari pintu yang terbuka. Letakkan tempat tidur posisi diagonal dengan pintu.

Mengatur keseimbangan

Kamar utama untuk Anda dan pasangan, baiknya berada di tengah ruangan dengan bagian kepala mepet dinding. Hindari salah satu sisinya menempel dinding. Posisi ini tidak akan nyaman, sebab akses akan terbatas di satu sisi dan membuat tidak kebagian energi chi positif.

Cahaya kamar tidur lembut

Suasana tenang lebih akan diperoleh ketika cahaya kamar tidur lembut. Sebisa mungkin hindari pencahayaan yang terang dan menyolok. Lampu di langit-langit, jangan diletakkan tepat diatas kasur.

Lebih baik memakai lampu meja dengan warna kekuningan. Agar energi terus mengalir atur cahaya alami dari luar masuk ke dalam kamar tidur.

tips dekorasi kamar tidur
Ilustrasi cahaya alami dalam kamar tidur (Pexels/Max Vakhtbovych)

Barang yang perlu dihindari ada di dalam kamar tidur

Televisi dan alat olahraga baiknya tidak diletakkan di dalam kamar tidur, mengapa? Sebab kamar tidur sifatnya intim dan personal. Dua barang tersebut dapat memberi pengaruh pada kehidupan personal seseorang.

Pilih  furnitur yang efisien

Supaya tidak menumpuk barang, Anda bisa memilih furnitur yang efisien. Misalnya laci nakas yang fungsional, storage bawah kasur yang bisa dipakai untuk menyimpan bantal, guling, maupun linen perlengkapan tidur.

Dalam feng shui, unsur kayu sangat direkomendasikan untuk tempat tidur. Unsur kayu dapat menyerap udara lembab karena berkeringat. Jadi lebih bisa menyeimbangkan kondisi ruangan dibandingkan unsur lain, seperti logam.