Kenali Resiko Positif Hamil di Usia Tua 50 Tahun Lebih
Ilustrasi (freestokcs.org/pexels)

Bagikan:

MEDAN - Banyak wanita memandang usia paling tepat untuk hamil dan melahirkan yaitu sekitar umur 20 hingga 30 tahunan.

Sedangkan usia yang paling rawan ada di umur 50 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan seorang wanita bisa hamil di usia tersebut.

Buktinya Ibunda pesinetron Tanah Air, Celine Evangelista yaitu Vincentia Nurul baru-baru ini dikabarkan tengah mengandung dengan usia kandungan lima bulan di umurnya yang menginjak kepala lima. Mencengangkannya lagi, Nurul sedang hamil bayi kembar.

Dikutip dari laman VOI, Nurul mengaku kalau ini merupakan kehamilannya yang ketujuh sehingga ia merasa sudah terbiasa mengurus anak yang jaraknya cukup dekat.

Ia pun mengakui jika kehamilannya terasa seperti anugerah lantaran sering berdoa ingin sekali berkumpul dengan anak-anaknya. Jauh dari ekspektasi, doa Nurul dikabulkan dengan kehadiran dua jabang bayi yang akan segera meramaikan kembali hidupnya.

Sebenarnya, ibunda Celine Evangelista bukan satu-satunya yang beruntung bisa positif hamil di usia 50an. Tokoh yang sudah tak asing lagi namanya di dengar, seperti aktris Brigitte Nielsen juga melahirkan di usia 54 tahun. Pun dengan penyanyi Janet Jackson yang hamil di usia 49 tahun.

Resiko Memiliki Bayi di Usia Tua

Di satu sisi hamil di usia 50 tahun bisa dikatakan sebuah berkah, namun di sisi lain kehamilan ini juga memiliki banyak risiko. Melansir laman Beautynesia, Senin, 31 Mei beberapa risiko yang harus diantisipasi saat memiliki bayi di usia 50-an yaitu, preeklamsia yaitu kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi selama kehamilan, diabetes gestasional, kehamilan di luar rahim atau ektopik, lahiran sesar, dan keguguran.

Melansir laman Beritagar, sebuah studi tentang persalinan di Israel mengungkapkan bahwa tidak ada risiko yang lebih signifikan bagi ibu hamil pada usia 50-an. Jadi, kemungkinan besar hanya lima risiko yang yang telah disebutkan di atas sajalah yang kemungkinan besar dihadapi oleh ibu hamil di usia 50-an.

Tentu tidak ada yang sempurna saat harus memilih apakah kehamilan di usia muda atau tua yang lebih baik. Namun, yang pasti harus Anda ingat adalah apapun pilihan yang Anda tentukan, pastikan kehamilan yang dijalani benar-benar Anda pikirkan dan persiapkan dengan matang. Baik itu untuk kehamilan di usia muda maupun kehamilan di usia yang lebih tua.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Positif Hamil di Usia 50-an Seperti Ibu Celine Evangelista, Kenali dulu Risikonya.

Selain Resiko Positif Hamil di Usia Tua, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!