Penyebab Komedo Selalu Menempel di Wajah, Stop Kebiasaan Buruk Ini
Ilustrasi membersihkan komedo di hidung (Pexels/Sam Lion)

Bagikan:

MEDAN - Komedo tumbuh dipicu tersumbatnya pori-pori wajah. Penyebabnya bisa berbagai macam, seperti gaya hidup tidak sehat, sering lupa membersihkan wajah, dan karena konsumsi makanan berlemak.

Komedo di wajah dapat muncul pada hidung, dagu, pipi, dan dahi. Tentu ini tidak membuat Anda nyaman, terlebih ada jenis komedo yang berbau. Sebenarnya, komedo adalah cikal bakal jerawat atau bisa juga disebut sebagai jerawat ringan.

Sebab komedo berbau adalah sebum atau minyak alami kulit menumpuk ditambah dengan sel kulit mati dan bisa juga dipicu infeksi bakteri. Untuk mengurangi tumbuhnya komedo yang mengganggu, Anda perlu mengubah kebiasan buruk di bawah ini.

1.     Mengonsumsi makanan tidak sehat

Makanan paling sehat yang mengandung nutrisi lengkap, misalnya pada superfood seperti buah-buahan segar maupun sayuran. Ketika terlalu banyak mengonsumsi gorengan, makanan berlemak, dan makanan pedas, maka tumbuhnya komedo tak dapat ditolak.

2.     Terpapar udara buruk

Kondisi udara berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda. Apabila Anda dari luar ruangan dengan kondisi udara buruk, usahakan untuk mencuci atau membersihkan muka. Nah, jika menundanya maka komeda akan mudah tumbuh di dagu, hidung maupun di pipi. Tentu ini tak diingan bukan?

Artinya, selain menjaga nutrisi dan makanan sehat untuk dikonsumsi setiap harinya, tetap rutin membersihkan wajah selepas beraktivitas di luar ruangan terutama setelah dari kawasan yang memiliki kualitas udara buruk misalnya tempat-tempat umum dan jalan raya.

3.     Hormon tidak seimbang

Hormon tidak seimbang bisa dipengaruhi dua hal, yaitu dari kebiasaan buruk dan genetilk. Jika dari kebiasaan buruk, Anda dapat mengubahnya. Misalnya sering begadang, kurang olahraga, terlalu banyak minum kopi sehingga sulit tidur, dan kurang minum air putih.

Apabila disebabkan oleh faktor genetik, ini perlu diidentifikasi lebih lanjut. Karena setiap akibat selalu ada sebabnya, artinya bukan tidak mungkin menghindari penyebab komedo tumbuh di wajah.

4.     Sering memegang wajah

Memegang wajah tanpa sadar juga dapat menyebabkan komedo. Padahal, pada jari banyak menempel bakteri yang jadi salah satu pemicu komedo. Artinya jika memiliki kebiasaan buruk ini, Anda perlu mencuci tangan lebih sering atau menyadari kebiasaan ini dan menghentikannya.

5.     Memakai makeup yang tidak cocok dengan kondisi kulit

Setiap makeup diformulasikan sesuai kondisi wajah. Misalnya pelembab brand tertentu paling cocok dipakai untuk kulit berminyak tetapi tidak cocok untuk kulit sensitif. Nah, sebelum membeli atau memakai makeup, kenali produk dan jenisnya sesuai kondisi kulit Anda.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: 5 Kebiasaan Buruk Penyebab Komedo Betah Menempel di Wajah

Selain Penyebab Komedo Selalu Menempel di Wajah, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!