Ingin Punya Mental yang Sehat? Coba Lakukan 3 Kebiasaan Ini Setiap Hari
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Karena kehidupan yang serba cepat dan penuh tekanan, kondisi kesehatan mental telah menjadi isu umum saat ini. Masyarakat semakin memperhatikan masalah kesehatan mental, seperti stres, kegelisahan, perubahan suasana hati, hingga depresi.

Kondisi yang masuk dalam kategori gangguan jiwa ini tidak hanya berdampak pada kemampuan seseorang untuk bekerja secara produktif, tapi juga menghancurkan kehidupan sosial dan pribadi.

Nah, demi menghindarinya, Anda perlu menjaga kesehatan mental mulai dari hal-hal kecil. Dilansir dari POPSUGAR, Rabu, 21 Juli, berikut kebiasaan harian sederhana untuk menjaga kesehatan mental.

Perbanyak tidur

Kelelahan dan kurang tidur dianggap gejala awal depresi yang paling umum. Jadi cukup tidur adalah sesuatu yang perlu diprioritaskan. Cukup tidur sangat membantu saat sedang stres tentang sesuatu atau menjalani masa-masa sibuk karena bisa mereduksi rasa lelah yang dihasilkan dapat meningkatkan perasaan cemas.

BACA JUGA:


- https://voi.id/lifestyle/68195/kesehatan-mental-membaik-mingi-bakal-kembali-beraktivitas-dengan-ateez

- https://voi.id/lifestyle/67891/i-breaktime-bantu-kesehatan-mental-kala-pandem

- https://voi.id/lifestyle/67859/selama-pandemi-ini-5-alasan-mengapa-perlu-menjaga-keintiman-dengan-pasangan

- https://voi.id/lifestyle/65721/agar-kesehatan-mental-tetap-terjaga-selama-ppkm-darurat-begini-5-caranya

- https://voi.id/lifestyle/65134/biar-lebih-bijak-begini-4-cara-menyeimbangkan-logika-dan-emosi

[/see_also]

Jadilah lebih aktif

Jika rasa malas dan tidak produktif jadi pemicu kecemasan Anda, meluangkan waktu untuk lebih menggerakkan badan dan melatih berpikir adalah salah satu yang bisa dilakukan. Anda pun bisa mulai melakukannya lewat hal kecil seperti berjalan naik di eskalator ketimbang tetap diam berdiri atau memilih jalan kaki ketimbang naik motor untuk ke kantor.

Dengarkan musik

Mencolokkan earphone dan mendengarkan lagu favorit ternyata sangat membantu. Cara ini dapat membantu Anda untuk menenangkan diri saat merasa sangat kewalahan setelah seharian bekerja. Juga sudah jadi rahasia umum kalau mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon bahagia, yang membuat diri ini merasa dicintai dan membuat otak lebih fresh.