Berbagai Manfaat Bisabolol, Bahan Aktif yang Ada Dalam Produk Skincare
Ilustrasi (Polina Kovaleva/Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Dunia kecantikan sepertinya tak akan kehabisan cara untuk memberikan yang terbaik demi kesehatan kulit wajah. Salah satunya dengan hadirnya bisabolol yang ada dalam produk skincare dan ternyata baik untuk masalah kulit.

Bisabolol merupakan kandungan aktif yang berasal dari chamomile. Teksturnya yang kental dan tak berwarna kerap dijadikan sebagai komponen utama dalam minyak atsiri atau essential oil.

Kaya akan manfaat, bisabolol diyakini mampu untuk merawat kulit sensitif bahkan eksim. Hal ini dikarenakan bisabolol mengandung sifat anti-inflamasi. Terlebih bisabolol ini memiliki aroma dan efek yang menenangkan bagi kulit.

6 Manfaat Bisabolol Bahan Aktif yang Ada Dalam Produk Skincare

  1. Mengurangi Peradangan

Bisabolol yang memiliki anti-inflamasi akan menghambat sitokin yang berkaitan dengan peradangan. Sehingga peradangan dan iritasi kulit dapat dikurangi.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Bisabolol juga mengandung antioksidan yang kuat sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Salah satunya dengan menetralkan radikal bebas yang menyerang molekul kolagen yang merupakan faktor utama dari datangnya penuaan dini.

  1. Mencerahkan Kulit

Studi menunjukkan bisabolol dapat menghambat sintesis melanin. Melanin merupakan pigmen yang memberikan warna pada kulit kita, salah satunya bintik-bintik hitam. Dengan bisabolol, kulit dapat lebih cerah dan warna kulit yang merata.

  1. Meningkatkan Penyerapan Produk Lain

Ketika ada bahan aktif yang tak dapat menembus kulit secara aktif dengan sendirinya, peran bisabolol menjadi sangat penting disini. Meski begitu, mengingat bisabolol juga dapat menetralkan bahan aktif lainnya, sebaiknya lebih berhati-hati untuk menggabungkan bisabolol dengan bahan aktif yang kuat lain salah satunya retinol.

  1. Membuat Produk Tahan Lama

Kandungan anti-mikroba yang ada pada bisabolol ternyata bisa dijadikan sebagai bahan yang dapat membuat produk perawatan kulit dan kosmetik agar lebih tahan lama. Mengingat, masa simpan yang lama dan bebas kontaminan merupakan bagian penting dari formulasi perawatan kulit.

  1. Memberikan Aroma pada Produk

Bisabolol juga memiliki aroma bunga yang manis dengan sedikit jeruk dan rempah. Tak salah jika bisabolol kerap dijadikan sebagai pemberi aroma pada produk perawatan.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Bisabolol, Bahan Aktif Skincare yang Punya Segudang Manfaat

Selain Bahan Aktif yang Ada Dalam Produk Skincare, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait