Nyeri Lutut Akibat Asam Urat? Begini Terapi Mudah yang Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Asupan makanan yang mengandung purin menjadi faktor utama terhadap kondisi asam urat. Ini merupakan salah satu penyakit fisik yang menyebabkan rasa sakit yang luar biasa pada tubuh, terutama pada persendian.

Asam urat adalah jenis radang sendi yang disebabkan oleh pembentukan dan sekresi asam urat berlebihan dalam tubuh. Asam urat menyebabkan pembentukan kristal pada tulang rawan tendon, sendi, dan berbagai jaringan lain dalam tubuh, khususnya di dalam dan di sekitar sendi.

Sendi lutut adalah yang paling parah terkena asam urat. Penderita asam urat mengalami rasa sakit luar biasa pada persendian, terutama lutut, dan mereka bahkan merasa sulit untuk duduk, berdiri atau berjalan dengan benar.

Meskipun banyak perawatan telah ditemukan untuk melawan asam urat, ada beberapa pengobatan rumahan untuk asam urat di lutut yang sangat efektif. Dilansir dari laman Boldsky, Senin, 13 September, ini beberapa cara dan juga ramuan yang paling efektif untuk mengatasi nyeri di lutut akibat asam urat:

Cuka Sari Apel

Dikenal karena sifat basanya, cuka sari apel telah sangat efektif di antara semua obat untuk asam urat di lutut. Dokter meresepkan 1-2 sendok teh obat ini sekali sehari dengan 8 ons air. Anda dapat mengonsumsi obat asam urat ini sekali minum atau menyesapnya perlahan dalam 15 menit berikutnya.

Baking Soda

Soda kue sangat populer karena efek penghilang rasa sakitnya. Ini adalah salah satu pengobatan rumah paling populer untuk asam urat di lutut. Buat obat asam urat dengan mencampurkan setengah sendok teh soda kue dengan 8 ons air, dan minum larutan obat asam urat sekaligus. Larutan ini bisa langsung menghilangkan rasa nyeri akibar asam urat.

Hindari Gula dan Soda

Baik gula dan soda sangat berbahaya bagi tubuh karena meningkatkan berat badan dan meningkatkan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Berhentilah mengonsumsi gula dan soda, dan lihat seberapa cepat rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat berkurang.

Perbanyak Konsumsi Ceri

Dampak buah ceri bisa seperti sulap untuk memberikan kelegaan dari rasa sakit akibat asam urat. Ambil setengah cangkir ceri langsung atau ekstraknya dan konsumsi obat asam urat ini selama 10-12 hari. Dampaknya sangat signifikan dalam menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Karena buah ceri tersedia di pasaran dengan mudah, perawatan ini dapat dicoba kapan pun Anda mau.