Menurut Studi, Berjemur Matahari 15 Menit Bisa Meningkatkan Gairah Bercinta
Ilustrasi berjemur meningkatkan gairah bercinta (Unsplash/Joanna Nix-Walkup)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak cara untuk meningkatkan gairah bercinta. Namun ada cara paling sederhana berdasarkan temuan studi terbaru. Jadi, berjemur matahari bisa meningkatkan afrodisiak.

Dilansir Fatherly, Senin, 11 Oktober, sebuah studi terkini menunjukkan bahwa paparan sinar matahari dapat meningkatkan perasaan cinta yang penuh gairah baik pada pria maupun wanita. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell Reports dilakukan oleh Dr. Carmit Levy dan tim di Universitas Tel Aviv.

Studi tersebut menelusuri efek pada penyakit kanker dari paparan sinar UVB pada kulit. Studi tersebut menggali efek satu dari tiga partikel sinar matahari, ketika menemukan tumpukan protein di antara sel-el kulit terkait dengan perilaku seksual. Penelitian sebelumnya dilakukan Roma Parikh, mahasiswa Ph.D. yang bekerja di laboratorium, yang menemukan bukti awal bahwa paparan UV memengaruhi kadar testosteron.

Studi yang terbaru yang dilakukan oleh Levy mengkonfirmasi bahwa ada efek positif dari paparan sinar matahari pada wanita. Penelitian tersebut mengidentifikasi proses biologis yang memperbaiki DNA pada kulit dan dikenal dengan p53.

Meskipun belum diketahui apakah p53 merangsang pelepasan hormon kesenangan dan interaksi biologis secara langsung antara pusan penyimpanan hormon, tetapi berdasarkan temuan menegaskan bahwa mekanisme matahari ada efeknya pada hormon.

Berdasarkan kuesioner yang diberikan pada partisipan, setelah beberapa waktu di bawah sinar matahari menunjukkan gairah bercinta yang lebih tinggi. Laporan menuliskan bahwa wanita mendapat skor lebih tinggi setelah berjemur di bawah sinar matahari.

Sedangkan skor pada pria, lebih tinggi menunjukkan dimensi kognitif terkait dengan gairah bercinta. Termasuk merasakan keinginan yang mendalam untuk mengenal pasangan mereka lebih baik.

Peningkatan hormon terjadi dengan cepat, hanya setelah 15-20 menit terkena sinar matahari. Tetapi semakin tinggi intensitas sinar matahari efeknya bisa semakin cepat dirasakan. Ini juga dikuatkan dengan studi yang melaporkan pada musim panas banyak pasangan menikmati sesi bercinta.