Toyota Luncurkan Prius PHEV, Berisi Banyak Fitur Unik Bisa juga jadi Genset
Toyota Prius PHEV (Foto: Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota merilis versi terbaru dari mobil hybrid mereka, Toyota Prius PHEV. Mobil ini merupakan generasi terbaru dengan konsep "Hybrid Reborn". 

"Prius baru telah berevolusi menjadi sebuah paket yang menggembirakan yang menambahkan desain yang menginspirasi cinta pada pandangan pertama dan performa berkendara yang menawan menjadi kekuatan utamanya sebagai mobil ramah lingkungan," ungkap Toyota dalam siaran persnya.

Mobil hybrid milik Toyota tersebut dibekali mesin Plug-In Hybrid 2.000 cc yang baru dikembangkan. Ini dapat mengeluarkan daya sebesar 220 dk, ini tentu jumlah tenaga yang besar dibanding pendahulunya. Dari 0-100 km/jam, Prius PHEV membutuhkan 6,7 detik.

Ditenagai mesin hybrid, Prius PHEV tentunya memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan ban 19 inci, mobil ini mencatat efisiensi bahan bakar sebesar 26 km/liter. Sedangkan untuk ban 17 inci, jauh lebih irit dengan 30,1 km/liter.

Mobil tersebut dapat menempuh jarak tempuh sejauh 87 km (ban 19 inci) dan 105 km (ban 17 inci) dengan hanya mengandalkan baterai listrik tanpa menyedot bensin. 

Teknologi yang ditawarkan dari Prius PHEV ialah Regeneration Boost. Ini berguna saat berjalan di pegunungan dan dalam situasi dimana membutuhkan peralihan antara akselerasi dan pengereman.

Prius PHEV juga memiliki fitur unik, yaitu bisa dijadikan genset bila dibutuhkan. Baterai mengandung listrik di dalamnya yang bisa mengalirkan energi untuk aktivitas di luar ruangan. Fitur lainnya dari Prius PHEV, yaitu bisa menjadi penyedia daya saat keadaan pemadaman listrik, bencana, dan keadaan darurat lain. Nah, bila daya listrik dan bensin terisi penuh, penyediaan listrik cukup untuk penggunaan selama lima hari.

Fitur lainnya yang ada pada Prius PHEV ialah sistem pengisian tenaga surya generasi kedua yang efisien mengubah energi matahari menjadi listrik. Sistem ini memberikan daya yang cukup untuk berkendara hingga 1.250 km per tahun dalam mode BEV.

Untuk harga, Toyota mematok harga pada Prius PHEV 4.600.000 yen atau setara Rp519 juta. Ini tentunya lebih mahal dari pesaing Prius lainnya, Honda Shuttle Hybrid Z yang dibanderol 1.990.000 yen atau sekitar Rp214 juta.