Mercedes Beri Isyarat untuk Konsep CLA Terbaru, Memiliki Jarak Tempuh Lebih dari 750 Km
Mercedes-Benz CLA Concept (Foto: Dok. Mercedes-Benz Group)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang gelaran otomotif terakbar di Jerman, yakni IAA Mobility 2023 atau biasa disebut Munich Motor Show 2023, Mercedes memberikan isyarat kecil mengenai mobil konsep yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Mercedes-Benz merupakan salah satu pabrikan otomotif yang tidak henti-hentinya menghadirkan lini elektrifikasi terbaru yang akan diluncurkan dalam beberapa waktu yang akan datang.

Mobil tersebut dikonfirmasi sebagai versi konsep dari CLA. Model CLA merupakan kelas garda terdepan Mercedes-Benz selama bertahun-tahun. Mobil ini juga akan melengkapi segmen elektrifikasi pabrikan asal Jerman tersebut.

Kepala Jajaran Manajemen dari Mercedes-Benz Group, Ola Kallenius, mengatakan bahwa konsep CLA ini merupakan awal mula perjalanan kendaraan listrik pertama yang sepenuhnya baru dengan meningkatkan penawaran yang mewah di segmen ini.

"Semua model ini dirancang untuk memenuhi satu misi: Mendefinisikan ulang setiap aspek dari apa yang dapat diharapkan pelanggan dalam format ini," kata Ola dalam keterangannya, Jum'at, 1 September.

Mobil konsep CLA merupakan model pertama yang akan dibangun di atas platform terbaru yang dikembangkan oleh Mercedes, yakni Mercedes-Benz Modular Architecture (MMA).

Dengan hadirnya CLA dan platform terbaru tersebut, ini menandai langkah berikutnya pabrikan dalam melangkah lebih jauh menuju dunia elektrifikasi pada masa depan. Mobil ini nantinya akan menggunakan sistem penggerak yang sangat efisien yang berasal dari Vision EQXX.

Menurut klaim Mercedes-Benz, konsep dari Mercedes-Benz CLA disebut sebagai "Hypermiler" karena memiliki jarak tempuh yang sangat jauh lebih dari 750 km menurut siklus WLTP dan mengonsumsi energi 12 kWh/100 km.

Selain itu, Mercedes juga turut mengungkapkan sedikit gambaran mengenai munculnya konsep ini. Konsep CLA terbaru ini memperlihatkan batang hidungnya dengan ditampilkan bagian depan yang menyerupai logo bintang Mercedes-Benz.

Walaupun tidak banyak hal yang bisa diungkapkan, namun Mercedes CLA konsep terbaru tersebut memiliki bahasa desain dan kemewahan yang terbaru.

Dengan diluncurkannya model tersebut, versi pratinjau dari CLA tersebut akan bergabung ke jajaran mobil konsep bertenaga listrik lainnya seperti Vision EQXX dan Vision One-Eleven.

Ini membuat Mercedes semakin mantap dalam memproduksi lebih banyak mobil EV pada 2025.

Tidak hanya itu, disebutkan tiga model mewah lainnya akan diperkenalkan oleh Mercedes dalam tiga tahun ke depan sebagai bagian dari restrukturisasi jajaran mobil kompak di bawah strategi Electric First.