Daihatsu Siapkan SUV untuk Saingi Suzuki Jimny
Suzuki Jimny 4x4. (Dok. Suzuki Global)

Bagikan:

JAKARTA - Daihatsu dikabarkan akan segera menghadirkan kendaraan bergaya SUV berukuran kecil demi bisa menyaingi Suzuki Jimny 4x4 yang andal di lintasan off-road.

Mobil tersebut dikatakan akan memiliki tingkat kekakuan dan desain yang hampir menyerupai Suzuki Jimny 4x4. Namun model yang belum disebutkan namanya tersebut belum tentu memiliki sistem penggerak empat roda.

Dilansir dari Best Car, Senin, 27 November, mobil tersebut kemungkinan akan memakai platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang dikembangkan sendiri oleh pabrikan asal Jepang tersebut. Produsen kendaraan tersebut telah menggunakan DNGA pada SUV kecilnya, yaitu Taft, yang sempat bersaing dengan mobil mini off-road ikonik tersebut.

7
Daihatsu Taft. (Dok. Drive)

Publikasi tersebut mengklaim SUV kecil Daihatsu akan memiliki performa kompatibel berkendara di jalanan perkotaan dan jalan yang kasar, dengan bodinya yang menampilkan desain liar dan tangguh.

Kemungkinan model terbaru tersebut akan menggunakan sistem penggerak empat roda yang sama seperti Taft, namun hal ini belum dikonfirmasi mengenai rincian lainnya seperti mesin, spesifikasi, hingga biaya untuk model tersebut.

Pesaing Jimny tersebut kemungkinan akan mengusung mesin 658 cc 3-silinder yang sama seperti Taft. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa mobil ini akan menerima mesin 1,5 liter 4-silinder berkat platform DNGA yang mumpuni.

Sementara itu, Suzuki Jimny saat ini telah dilengkapi dengan mesin K15B 1,5 liter VVT naturally-aspirated 4-silinder yang menghasilkan tenaga sebesar 100 dk dan torsi 130 Nm yang menyalurkan tenaga melalui transmisi empat percepatan otomatis serta sistem penggerak empat roda (4WD).