SUV Kecil G-Class yang Hadir di 2026 Hanya Ada Versi EV
Mercedes-AMG G 63 'Grand Edition'. (Dok. Mercedes-Benz AG)

Bagikan:

JAKARTA - Model G-Class yang akan dibuat berupa SUV kecil dikonfirmasi Mercedes-Benz hanya akan menawarkan penggerak listrik serta diluncurkan pada akhir dekade ini

Pabrikan asal Jerman ini juga mengatakan bahwa SUV tersebut akan dikembangkan oleh divisi spesialis G-Class terbaru. Mobil tersebut akan menjadi yang ketiga dalam jajaran G terbaru, atau menunggu setelah EQG diperkenalkan ke publik.

Dilansir dari Autocar, Senin, 22 Januari, Markus Schafer, selaku Chief Technology Officer Mercedes-Benz AG, kembali memastikan bahwa model tersebut tidak ditawarkan dalam mesin pembakaran internal (ICE) murni maupun hybrid.

Selain itu, Gorden Wagener, selaku Chief Designer Mercedes-Benz AG, mengatakan bahwa G-Class terbaru akan mengusung bahasa desain yang kokoh dengan memancarkan DNA ikonis dari sebuah seri ini.

"Model ini akan memiliki karakternya sendiri, tapi tetap akan menjadi G,” kata Wagener.

Meskipun akan diluncurkan sebagai kendaraan listrik (EV) masa depan Mercedes-Benz, perusahaan mengonfirmasi bahwa G-Class versi kecil akan mengusung platform yang berbeda. Artinya, SUV tersebut tidak menggunakan platform Mercedes Modular Architecture (MMA) yang diperkenalkan pada CLA terbaru beberapa waktu lalu.

Pabrikan asal Jerman ini akan menghadirkan platform sendiri untuk G-Class mini dengan menggunakan modul dari mobil berpenggerak belakang Mercedes-Benz yang lebih besar demi mengakomodir kemampuannya dalam melewati lintasan off-road.

Meskipun demikian, platform yang diusung oleh G-Class tersebut memiliki sistem kelistrikan hingga 800V, yang dapat menampung baterai lithium-iron-phosphate (LFP) dan nickel-manganese-cobalt (NMC) berkapasitas antara 58 kWh dan 85 kWh, yang dapat mengisi baterai untuk menempuh jarak 400 km dalam waktu 15 menit dengan pengisi daya 250 kW.

Kemungkinan model tersebut akan menggunakan motor listrik tipe terbaru yang dikembangkan oleh Mercedes-Benz yang nantinya juga digunakan pada CLA, berkekuatan sekitar 235 dk.

Jajaran G-Class terbaru akan diperluas untuk pertama kalinya pada akhir tahun ini dengan meluncurkan EQG. Kemudian, model G-Class versi kecil akan menyusul pada tahun 2026 mendatang.