FAW Bestune Pony, Mobil Listrik Mungil dengan Gaya My Little Pony
FAW Bestune Pony. (Dok. CarNewsChina)

Bagikan:

JAKARTA - Segmen mobil listrik mikro kian ramai, salah satunya akan diramaikan FAW lewat Bestune Pony yang hadir dalam enam pilihan warna eksterior dan lima warna interior. Penjualan pre-order akan dimulai pada 30 April ini di China namun harganya belum diungkap.

Dari segi ukuran, mobil ini punya panjang 3000 mm, lebar 1510 mm dan tinggi 1630 mm sedangkan jarak sumbu roda 1953 mm. Bagian luar mobil dibalut cat two tone dengan atap putih dan sisipan di berbagai bagian bodi. Terdapat grill depan yang tertutup seluruhnya dan kedua lampu depannya cukup khas. Logo Bestune berfungsi sebagai penutup port pengisian daya.

4

Kemunculan mobil yang miliki kecepatan maksimal hanya 100 km/jam ini terbilang molor. Dikutip dari CarNewschina, 29 April, mobil ini pertama kali mejeng di Shanghai Auto Show tahun lalu dan baru akan mulai dijual sekarang. Sebagai perbandingan, Wuling Hongguang Mini EV hanya butuhkan waktu sekitar setahun dari pengembangan hingga produksi massal.

4

Sebagai mobil tiga pintu dengan empat kursi, ruang interior Pony terasa sempit. Berbeda dari kompetitor, Pony tidak memiliki layar tengah dan hanya dibekali layar instrumen LCD.

Diketahui, kebanyakan mobil listrik mikro menempatkan selector drive pada konsol di antara kedua jok, namun pada Pony tuas tersebut diletakkan di dashboard dengan lebih logis. Di sebelah kirinya terdapat kontrol jendela elektrik, sedangkan di sebelah kanan terdapat tiga tombol putar untuk pengaturan iklim ruangan. Di depan penumpang terdapat tampaknya sistem audio dasar yang terdiri dari radio, koneksi telepon Bluetooth, dan port USB.

3

Pilihan warna interiornya meliputi beach gold, bubble blue, sky daisy blue, camellia green, dan peach pink. Dari segi keamanan, tampaknya Pony hanya dilengkapi sabuk pengaman dan airbag pengemudi.

Bestune Pony ditenagai motor listrik 20 kW yang menghasilkan torsi 85 Nm. Versi spesifikasi terendah ("Cute Fun Horse") menggunakan baterai 9.4 kWh dengan jarak tempuh CLTC 122 km. Kedua versi spesifikasi lebih tinggi memiliki nama yang berarti "Vitality Horse" dan dibekali baterai 13.9 kWh yang menawarkan jarak tempuh 170 km.