Bagikan:

JAKARTA – Renault membuka lembaran baru dalam dunia mobil listrik sport dengan meluncurkan Renault 5 Turbo 3E. Terinspirasi dari ikon reli masa lalu, mobil ini bukan sekadar nostalgia, tapi juga menunjukkan ambisi masa depan Renault di segmen performa tinggi berbasis listrik.

Dibekali sistem kelistrikan 800 volt dan tenaga buas setara 540 hp, R5 Turbo 3E menjadi simbol inovasi dan warisan balap Renault. Pemesanan resmi mulai dibuka pada 22 April melalui sistem reservasi khusus. Hanya tersedia 1.980 unit di seluruh dunia, pengiriman perdana dijadwalkan pada 2027.

Setelah masa pemesanan, mobil ini akan menjalani tur pameran di showroom RNLT terbaru yang tersebar di kota-kota besar seperti Paris, Milan, London, hingga Riyadh. Debut publiknya akan berlangsung di ajang bergengsi Goodwood Festival of Speed pada 10–13 Juli 2025.

Dilansir dari situs resmi Renault, harga peluncuran sementara untuk 500 pembeli pertama ditetapkan sebesar 155.000 euro atau sekitar Rp2,97 miliar. Penawaran ini berlaku di jaringan resmi Renault di Eropa, Timur Tengah, Jepang, dan Australia, dengan sistem reservasi prioritas.

Secara desain, R5 Turbo 3E tampil agresif dengan proporsi bodi yang lebar dan ceper. Panjang totalnya 4,08 meter, lebar 2,03 meter, dan tinggi hanya 1,38 meter. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui dua motor elektrik independen yang menghasilkan torsi luar biasa mencapai 4.800 Nm. Dibangun dengan struktur karbon ringan, bobotnya kurang dari 1.450 kg dan sanggup melesat dari 0–100 km/jam dalam waktu di bawah 3,5 detik.

Sektor daya pun tak kalah impresif. Baterai 70 kWh miliknya mendukung pengisian cepat berkat arsitektur 800 volt dan charger DC onboard hingga 350 kW. Cukup 15 menit untuk mengisi daya dari 15 ke 80 persen. Jarak tempuhnya? Lebih dari 400 km menurut standar WLTP.

Dengan segala teknologi dan performanya, Renault mengklaim R5 Turbo 3E menawarkan sensasi berkendara yang benar-benar berbeda dibanding mobil listrik lain. Meski demikian, banderolnya dianggap terlalu tinggi oleh sebagian kalangan apalagi jika dibandingkan dengan Hyundai Ioniq 5 N, yang dijual nyaris setengah harga Turbo 3E di pasar Eropa.