Perluas Mobilitas Kendaraan Listrik, Yamaha Luncurkan e-Bike Terbaru
Yamaha Booster Easy. (Dok. Yamaha Europe)

Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya mobil, kendaraan roda dua bertenaga listrik menjadi komoditas yang dicari saat ini. Beberapa pabrikan mulai mengembangkan berbagai jenis kendaraan roda dua listrik, seperti skuter listrik, motor listrik, dan e-Bike.

Baru-baru ini, Yamaha merilis dua model e-Bike terbaru, yaitu Booster dan Booster Easy.

Dikutip dari InsideEVs, Senin, 8 Mei, Booster dan Booster Easy merupakan keluarga e-Bike S-pedelec. Kendaraan roda dua tersebut juga bisa dilihat sebagai moped listrik.

Pada bagian eksterior, baik Booster maupun Booster Easy memiliki kemiripan seperti Fantic Issimo yang menggunakan rangka diecast dan penggunaan ban berdiameter 20 inci.

Tidak hanya mirip seperti Fantic Issimo, namun Yamaha juga menyematkan sistem penggerak yang sama pada Booster. Dengan menggunakan unit penggerak PW-S2, Yamaha Booster dapat menghasilkan torsi 75 Nm. Sedangkan, Issimo hanya menghasilkan 95 Nm.

Dengan unit penggerak tersebut, dapat membuat Yamaha Booster melaju hingga kecepatan 45 km/jam. Lalu, pada trim Easy hanya melaju hingga kecepatan maksimal 25 km/jam.

Meskipun memiliki performa dan desain yang cukup identik, namun keduanya memiliki keunggulan jarak tempuh masing-masing.

Pada trim Booster Easy, pabrikan mengklaim e-Bike ini dapat menempuh jarak 120 km dalam sekali pengisian baterai. Sedangkan, untuk trim Booster hanya 110 km saja.

2
(Dok. Yamaha Europe)

Walaupun informasi yang didapat cukup terbatas, namun Yamaha mengonfirmasi bahwa e-Bike terbarunya menggunakan shockbreaker depan yang mirip dengan yang digunakan pada Issimo.

Booster dan Booster Easy memiliki lima mode berkendara, yakni terdiri dari +ECO, ECO, STD, HIGH, dan AUTO. Mode terbawah, yaitu +ECO memiliki jangkauan yang panjang, sedangkan mode tertinggi HIGH memberikan performa luar biasa.

Ini bukanlah pertama kalinya Yamaha memproduksi kendaraan roda dua berbasis listrik. Sebelumnya, merek tersebut telah memproduksi sepeda listrik dengan model Moro 07, Wabash RT, dan Crosscore RC.

Lebih jauh ke belakang, pengalaman Yamaha dalam desain dan pembuatan e-Bike sudah ada sejak tahun 1990-an ketika perusahaan memproduksi sepeda dengan bantuan listrik pertama di dunia. Selama tiga dekade, Yamaha juga merupakan salah satu produsen utama unit penggerak yang digunakan oleh banyak produsen e-Bike saat ini