AHM Resmi Rilis Motor Listrik Pertamanya di GIIAS 2023
FHonda EM1 e: diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan motor listrik pertamanya, EM1 e:, dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Motor tersebut telah lama dinantikan sejak dihadirkan di Indonesia pada Februari lalu. 

Honda EM1 e: merupakan langkah awal Honda menuju elektrifikasi. Terlebih lagi, motor tersebut mengusung desain yang futuristik dengan berbagai teknologi terkini yang akan memanjakan pelanggan.

Susumu Mitshuishi, selaku Presiden Direktur PT AHM, mengatakan bahwa dihadirkannya EM1 e: merupakan sebuah komitmen perusahaan agar masyarakat dapat merasakan teknologi serta kualitas terbaik pada sepeda motor listrik perdana milik Honda tersebut.

"Motor ini kami persembahkan bagi masyarakat Indonesia yang menantikan sepeda motor listrik berkualitas tinggi yang dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan kesenangan saat mengendarainya. Kami pun melengkapi kehadiran Honda EM1 e: dengan pilihan pengisian baterai yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen,” kata Mitsuishi dalam keterangannya, Jumat, 11 Agustus.

Motor listrik tersebut telah dilengkapi pencahayaan LED pada semua titik pencahayaan. Demi memenuhi kebutuhan pelanggan, Honda EM1 e: dibekali rak dalam dan USB charger type A. Panel instrumen yang dihadirkan juga telah digital yang menampilkan berbagai informasi mengenai kecepatan, jarak, jam, trip meter, dan pilihan mode daya.

Honda EM1 e: memiliki kemampuan yang unik, yakni memiliki unit baterai yang dapat ditukar dengan Honda Mobile Power Pack e: yang menjadi tenaga dasar kendaraan ini.

Konsumen juga dapat melakukan pengisian daya baterai dengan kemampuan pengisian waktu daya dari 25-75 persen dalam waktu 2,7 jam dan dari 0 ke 1000 persen dalam waktu 6 jam. Pelanggan dapat mengunjungi stasiun Honda Power Excharger e: untuk menukar baterai hingga terisi penuh.

Diperkenalkan pada 2022 lalu, EM1 e: memiliki kapasitas baterai 1,3 kWh dan memiliki daya jangkau 53 km dalam sekali pengisian dayanya. Memiliki motor listrik bertenaga maksimal 2,3 dk, motor ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 45 km/jam.

Untuk memiliki motor listrik tersebut, Honda mematok harga EM1 e: dengan harga Rp40 juta hingga Rp45 juta, termasuk baterai MPP e:.

Secara rinci, satuan motor EM1 e: dihargai dari Rp30 juta hingga Rp33 juta dan baterai MPP e: seharga Rp10 juta hingga Rp12 juta. Honda EM1 e: akan dijual pada jaringan diler Honda yang memiliki logo e: shop.