Nelly Ungkap 'Panasnya' Persaingan Musik Hip Hop di Awal 2000an
Nelly (Foto: Instagram @nelly)

Bagikan:

JAKARTA - Rapper senior, Nelly melontarkan statement yang cukup ramai memicu perdebatan. Ia menyebut jika 20 tahun lalu adalah masa-masa terberat baginya sebagai artis hip hop.

Saat menjadi tamu di The Shop, Nelly menyampaikan unek-uneknya tersebut. Era awal 2000 adalah era yang paling menantang karena sengitnya persaingan di kala itu.

"Era musikku adalah masa paling berat bagi musik hip hop, titik," tegasnya dalam video yang diunggah di Instagram @theshopun (7/3/2024).

"Saat aku merilis lagu-lagu baru, aku harus bersaing dengan DMX, Jay-Z, Eminem, Lil Wayne, 50 Cent, Luda(cris). Kami semua bertarung untuk posisi teratas," papar pemilik nama Cornell Haynes Jr. tersebut.

Pernyataan Nelly mengundang perdebatan. Beberapa netter mengklaim setiap masa punya tantangan dan para superstar-nya sendiri.

Namun tak bisa dipungkiri tahun 2000 merupakan salah satu masa revolusioner di industri musik, termasuk hip hop. Sebelum milenium, East Coast dan West Coast adalah seteru abadi, polarisasinya mengerucut ke dua sisi tersebut.

Setelah era 2000, perkembangan hip hop makin meluas dan melahirkan kubu-kubu baru, sebut saja Midwest dan the South.

Dari segi angka penjualan, di era itu juga hip hop sedang mengalami masa keemasan. Dua dekade kemudian, sulit bagi musisi hip hop meraih platinum di bulan pertama, seperti yang diraih nama-nama besar di awal 2000an.