Saat Jadi Pevoli Gendernya Dipertanyakan, Kini Aprilio Manganang Pria Tulen dan Lamar Pacar Cantiknya
Aprilio Manganang (Instagram @manganang92)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan pemain timnas voli putri Indonesia, Aprilia Manganang yang kini berganti nama menjadi Aprilio Manganang membagikan kabar bahagia. Dia baru saja bertunangan dengan kekasihnya, Claudya.

Sebelum resmi menyandang status sebagai laki-laki, status gender Aprilio Manganang sempat menjadi tanda tanya besar. Pasalnya, meski terlahir sebagai seorang perempuan, perawakan dan postur tubuh sang atlet condong pada bentuk tubuh pria.

Saat masih aktif bermain voli di ajang Livoli tahun 2011 dan 2013 dua klub dengan tegas mempertanyakan gender atlet kelahiran 27 April 1992 ini. Pada tahun 2011, tim voli Popsivo Polwan juga menolak bertanding melawan Alko Bandung klub tempat Manganang bernaung, lagi-lagi dengan alasan status gender sang atlet.

Seiring berjalannya waktu, Manganang mendapat kesempatan melakukan pemeriksaan menyeluruh terkait status gendernya. Dari hasil pemeriksaan panjang, didapati bahwa sang atlet mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia atau bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.

Setelah menjalani operasi kelamin, Aprilia Manganang resmi menjadi laki-laki dan mengubah nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, Maret 2021.

Usai putusan sidang diresmikan, Manganang mulai menjalani kehidupan baru sebagai seorang laki-laki seutuhnya. Enam bulan berselang Manganang kemudian mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga voli, hal ini ia sampaikan lewat media sosial pribadinya pada September 2021.

Baru-baru ini, Manganang muncul dengan kabar bahagia. Mewujudkan bentuk keseriusannya sebagai seorang laki-laki, Manganang akhirnya melamar sang kekasih yang bernama Claudya.

Momen bahagia itu dibagikan sendiri oleh Manganang yang kini menjadi anggota TNI AD lewat akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan Sabtu, 22 Januari lalu Manganang menunjukan prosesi lamaran dan tak lupa menuliskan rasa syukur dalam keterangan foto.

"Tidak ada kata lain selain mengucap syukur atas semua perjalanan hidup yang Tuhan Yesus berikan dan ahkirnya bisa menemukan orang yang tepat yang bisa menerima semua ketidaksempurnaan untuk dijadikan sempurna dan indah," tulis Aprilio Manganang.

Dalam postingan tersebut, Aprilio Perkasa Manganang itu mengunggah foto mesra bersama Claudya. Keduanya terlihat mengenakan pakaian yang serasi dalam acara pertunangan, yakni batik cokelat dan sepatu putih.