Setelah MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Tetap Padat Agenda
Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda (kiri) (Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Sirkuit Mandalika tetap padat agenda setelah Grand Prix MotoGP 2022 bulan ini. Salah satunya World Superbike yang kembali hadir pada November mendatang.

Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda mengatakan bahwa MotoGP 2022 Grand Prix Mandalika merupakan acara terbesar dari empat agenda yang ada di dalam kalender mereka.

Adapun salah satu agenda yang sudah terlaksana adalah tes pramusim MotoGP 2022 yang berlangsung pada 11-13 Februari lalu.

"Lalu nanti di bulan Oktober ada tes Gp Series dan kemudian di November akan ada lagi World Superbike," kata Cahyadi setelah acara launching sponsor Mandalika GP Series, di Epiwalk, Kuningan, pada Selasa, 8 Maret.

Sirkuit Mandalika sebelumnya sudah pernah menggelar World Superbike (WSBK) pada ujung November tahun kemarin. Dalam kalender terbaru, WSBK akan kembali hadir di Mandalika pada 11-13 November 2022 nanti.

Untuk tahun ini WSBK digelar dalam 13 seri, termasuk di Indonesia. Kejuaraan dunia balap motor produksi massal itu akan dimulai di MotorLand Aragon yang dijadwalkan berlangsung 8-10 April.

Cahyadi menjelaskan bahwa selain acara-acara itu pihaknya juga punya agenda lain yang berskala nasional. Jadwal acara-acara tersebut nanti akan diumumkan secara berkala.

”Di luar itu juga akan ada beberapa event nasional bersama Ikatan Motor Indonesia. Jadi akan ada beberapa event lainnya yang sampai saat ini kalendernya belum kami umumkan. Itu akan kami umumkan secara berkala karena saat ini fokus kami masih di GP Mandalika,” katanya.

Sirkuit Mandalika saat ini sedang dalam proses pengaspalan ulang setelah evaluasi pasca tes pramusim lalu. Proses perbaikan dikerjakan sesuai dengan rekomendasi dari Dorna Sport dan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM).

Acara MotoGP di Mandalika akan berlangsung pada 18-20 Maret mendatang. Tiket untuk hari ketiga seri Indonesia tersebut sudah ludes terjual, kecuali hari pertama dan kedua yang beragenda latihan bebas dan kualifikasi.