Marc Marquez Jalani Operasi Humerus Selama 3 Jam, Dokter: Meski Rumit, Hasilnya Memuaskan
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjalani operasi operasi humerus (tulang panjang di lengan yang membentang dari bahu ke siku) kanannya di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat, pada Kamis 2 Juni waktu setempat. Operasi selama tiga jam itu berlangsung sukses.

Usai operasi rampung, dr. Sanchez Otelo yang menangani Marc Marquez, menyebut prosedur pembedahan pebalap asal Spanyol ini cukup rumit. Namun ia lega karena hasilnya sesuai dengan harapan.

"Hari ini, kami berkesempatan mengoperasi tulang humerus kanan Tuan Marc Marquez. Prosedurnya dijalankan selama sekitar tiga jam. Meski prosedurnya rumit, hasil akhirnya memuaskan," beber sang dokter, seperti dalam laman resmi MotoGP.

Ia kemudian menjelaskan beberapa tindakan yang dilakukan dalam operasi Marquez. Tujuan utama dari tindakan itu adalah semakin memperbaiki hasil operasi sebelumnya yang pernah dilakukan Marquez di tahun 2020 lalu.

“Operasi ini terdiri dari pelepasan dua sekrup proksimal pada plat posterior yang sebelumnya ditanamkan oleh dr. Samuel Antuna pada Desember 2020, disusul dengan osteotomi rotasi humeral,” jelasnya.

“Prosedur ini melibatkan penciptaan potongan melintang pada tulang humerus agar bisa berotasi sesuai porosnya. Besaran rotasi yang dilakukan hari ini sekitar 30 derajat pada rotasi eksternal."

"Operasi pun diselesaikan tanpa kendala,” lanjut dr Otelo.

Setelah seluruh rangkaian operasi rampung dilakukan, dr Otelo mendoakan Marquez bisa segera kembali melanjutkan karirnya di lintasan.

"Kami mendoakan Tuan Marquez menjalani pemulihan yang cepat serta kelanjutan yang sukses dalam karir profesionalnya,” tutup sang dokter.

Marc Marquez akan tetap berada di Amerika Serikat selama beberapa hari untuk memastikan tak ada masalah. Jika kondisi lengannya tak lagi bermasalah, dia bisa diizinkan kembali ke Spanyol untuk melanjutkan masa pemuliha.

Belum diketahui kapan Marquez akan kembali berlaga, namun sebelumnya ia sempat mengaku tidak ingin terburu-buru mengendarai motor. Target utamanya saat ini adalah pulih total untuk menjalani tes pascamusim di Valencia, Spanyol, pada November mendatang.