Jangan Sampai Salah Beli, Ketahui 6 Tips Memilih Sepatu Badminton yang Nyaman untuk Kaki
Seorang pemain badminto sedang beraksi di lapangan. (Unsplash).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sepatu badminton merupakan salah satu alat penunjang permain bulutangkis yang tidak kalah penting dari sebuah raket. Oleh sebab itu, tips memilih sepatu badminton yang benar wajib diperhatikan, karena kecermatan memilih sepatu khusus badminton akan sangat membantu Anda meraih peforma terbaik.

Saat pikiran Anda dipenuhi kekhawatiran akan mengalami cedera akibat tidak memakai sepatu badminton, maka sulit rasanya bisa tampil maksimal.

Dengan mengenakan sepatu khusus badminton, Anda bisa lebih fokus terhadap pertandingan

Tips Memilih Sepatu Badminton 

Memakai sepatu khusus badminton adalah sebuah keharusan ketika bermain olahraga tepok bulu, supaya Anda bisa melakukan gerakan-gerakan sulit karena sudah percaya dengan kemampuan sepatu yang dipakainya.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Sabtu 17 September 2022, berikut tips milih sepatu badminton yang harus Anda ketahui.

1. Tips Memilih Sepatu Badminton: Lakukan Riset Kecil-kecilan

Sebelum membeli sepatu badminton, lakukanlah survei kecil-kecilan. Hal ini sangat membantu untuk menentukan sepatu yang cocok.

Anda bisa menelusuri jenis-jenis sepatu bulutangkis dari berbagai merek. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui sepatu bulutangkis apa yang bisa dipakai atau direkomendasikan.

Apabila Anda punya teman yang gemar bermain bulu tangkis, cobalah untuk bertanya kepadanya sepatu apa yang mereka pakai. Dengan begitu, Anda akan mendapat rekomendasi sepatu bulutangkis dengan kualitas baik dan nyaman untuk dipakai.

2. Tips Memilih Sepatu Badminton: Pilih Bantalan Medium

Ketika memilih sepatu badminton, perhatikan lengkungan pada kaki Anda, apakah termasuk yang lengkung kakinya rendah atau tinggi. Lengkung kaki berpengaruh terhadap kondisi bantalan yang ada pada sepatu badminton.

Jika lengkung kaki Anda rendah, pilihan sepatu yang memiliki bantalan tidak terlalu tinggi. Akan tetapi, jika lengkung kaki Anda tinggi, gunakan sepatu badminton yang bantalanya lebih tebal.

Ilustrasi Sepatu Badminton
Ilustrasi sepatu badminton (ZiBA65/Pixabay)

Guna Mengantisipasi bentuk lengkung kaki, pilihlah sepatu bulu tangkis yang bantalan kakinya tidak terlalu tebal, juga tidak terlalu tipis.

3. Tips Memilih Sepatu Badminton: Jangan Pilih Sepatu Bersol Hitam

Sepatu badminton yang bersol hitam biasanya akan meninggalkan jejak yang cukup jelas di lapangan. Bekas jejak tersebut bisa merusak permukaan lapangan dan tentu saja bakal berdampak pada kenyaman dalam bermain badminton.

4. Tips Memilih Sepatu Badminton: Sesuaikan dengan Budget

Saat ini, ada banyak merek sepatu khusus bulu tangkis yang dijual di pasaran. Semuanya menawarkan beragam model dengan harga yang bervariasi.

Beberapa merek sepatu badminton yang terkenal yakni Yonex, Li-Ning dan Flypower. Jika Anda yang bermain badminton hanya sekedar hobi, bisa memilih sepatu badminton yang level menengah.

5. Tips Memilih Sepatu Badminton: Pilih yang Sesuai Ukuran Kaki

Saat membeli sepatu bulutangkis, pilihlah ukuran sepatu yang bisa membuat kaki Anda nyaman bergerak. Ingat, beda merek kadang memiliki detail ukuran yang berbeda pula. Oleh sebab itu, jangan malas memastikan ukuran yang pas di kaki. Ukuran yang Anda pilih pada merek A belum tentu sama dengan sepatu badminton merek B.

6. Tips Memilih Sepatu Badminton: Lihat Bentuk Sepatu

Secara umum, ada dua tipe sepatu bulutangkis yakni tipe low cut dan mid cut. Tipe low cut cocok untuk gaya permainan yang cepat.

Terkait