Daftar Event Olahraga Internasional di Indonesia Tahun 2023, Cek Jadwalnya
Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Foto: PSSI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada sejumlah event olahraga internasional di Indonesia yang akan digelar di tahun 2023. Penyelenggaraan kompetisi olahraga tingkat internasional ini sangat dinantikan oleh masyarakat karena bisa menonton secara langsung. Selain mendukung para jagoan atau idolanya, menonton event olahraga juga bisa menjadi kegiatan refreshing atau hiburan. 

Penyelenggaraan event olahraga juga membawa banyak dampak baik bagi negara. Selain mendongkrak pariwisata, adanya event tingkat internasional juga mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di suatu negara. Selain itu, gelaran event ini juga menjadi sarana untuk menyatukan orang-orang dari berbagai kalangan dan negara untuk bertemu dalam kegiatan olahraga. 

Indonesia membuktikan bahwa dirinya siap menggelar banyak event olahraga internasional di tahun 2023. Didukung dengan fasilitas arena atau venue, penyelenggaraan even olahraga nantinya diharapkan bisa berjalan maksimal. 

Daftar Event Olahraga Internasional 2023 di Indonesia

Di tahun ini, Indonesia akan sibuk menjadi tuan rumah dari sejumlah event olahraga internasional. Berikut event olahraga internasional di Indonesia mulai dari bulan Maret hingga Desember 2023. 

World Superbike (WSBK) Mandalika 

Indonesia akan menggelar World Superbike (WSBK) untuk yang kedua kalinya di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). WSBK Mandalika 2023 akan berlangsung pada 4-5 Maret. 

Ajang WSBK 2023 kali ini digelar di awal tahun, berbeda dengan tahun sebelumnya yang diselenggarakan di penutup tahun. Balapan ini juga menjadi race kedua dari total dua belas race yang diagendakan WSBK di musim balap 2023. 

FIFA World Cup U-20 

Event olahraga internasional lainnya yang akan digelar di Indonesia tahun 2023 adalah FIFA World Cup U-20. Event ini akan diselenggarakan mulai 20 Mei hingga 11 Juni. Ada 24 negara yang akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara. 

Sebagai tuan rumah, Indonesia telah menyiapkan enak stadion untuk pertandingan dalam FIFA World Cup U-20. Stadion yang akan menjadi tempat berlaga para talenta muda tersebut yaitu, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Manahan, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta. 

Timnas U-20 Indonesia juga akan berkompetisi dalam event sepak bola internasional ini. Laga ini nantinya menjadi kali kedua Indonesia ikut tampil dalam Piala Dunia U-20, setelah partisipasi pertama di tahun 1979 silam di Jepang. 

Jakarta E-Prix

Event balapan mobil listrik kursi tunggal Formula E juga akan digelar di Indonesia di tahun 2023 bertajuk Jakarta E-Prix. Kejuaraan balapan tahunan ini akan berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit Ancol pada tanggal 3 sampai 5 Juni. 

Indonesia Open

Event olahraga internasional lainnya yang akan digelar tahun ini adalah Indonesia Open. Kompetisi bulu tangkis ini akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 13-18 Juni mendatang. Indonesia Open merupakan salah satu Tur Dunia BWF paling bergengsi dan dinantikan oleh para pecinta olahraga badminton ini. 

World Beach Games 

Indonesia juga berkesempatan menjadi tuan rumah event ANOC World Beach Games 2023. Turnamen multi event ini akan digelar di Bali pada tanggal 5-12 Agustus mendatang. Event ini merupakan ajang kompetisi level Olimpiade bagi permainan dan olahraga air atau pantai, seperti beach soccer, beach handball, aquathlon, surfing, dan lainnya. 

FIBA World Cup

Kabar baik bagi para penggemar olahraga basket karena Indonesia menjadi salah satu tuan rumah event FIBA World Cup 2023. Event pertandingan basket internasional ini akan digelar di tiga negara, yaitu Indonesia, Filipina, dan Jepang. Event ini akan berlangsung mulai tanggal 25 Agustus sampai 10 Desember. 

MotoGP Mandalika

Tak hanya WSBK, Indonesia juga kembali menyelenggarakan MotoGP Mandalika 2023. Event balapan yang digelar di sirkuit Mandalika, Lombok, ini akan berlangsung pada 14-15 Oktober. Diharapkan gelaran MotoGP Mandalika tahun ini bisa sukses seperti tahun sebelumnya. 

Demikianlah informasi daftar event olahraga internasional di Indonesia pada tahun 2023. Event yang akan digelar terdiri dari berbagai jenis olahraga, mulai dari balapan, bulu tangkis, basket, sepak bola, hingga olahraga pantai. Bagi yang ingin menyaksikan keseruan ajang internasional tersebut secara langsung, selalu ikuti terus informasi terupdate. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.