FIFA Target 10 Ribu Penonton Tiap Pertandingan Piala Dunia FIFA U-17, PSSI Susun Strategi
Ketum PSSI Erick Thohir bicara soal target penonton di Piala Dunia U-17. (Ulfa Gusti Utami/VOi)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia FIFA U-17 2023 mulai digelar di Indonesia pada 10 November - 2 Desember. FIFA menargetkan 10 ribu penonton hadir di tiap pertandingan.

Soal target besar yang dipasang FIFA, Erick Thohir selaku Ketua Umum (Ketum) PSSI bakal menyanggupinya. Ia menyebut federasi telah mempersiapkan strategi agar mencapai target yang ditentukan.

“Untuk persiapan ticketing saya sudah lihat, ini harus kita dorong lagi karena ada target dari FIFA setiap pertandingan 10 ribu penonton,” buka Erick Thohir saat konferensi pers di Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa, 3 Oktober. 

“Nomor satu ya berdoa agar tim nasionalnya main terus. makanya persiapan timnasnya jadi penting. Tapi kami punya paket-paket yang kamo lakukan, misalnya contoh salah satu bekerja sama dengan sponsornya,” lanjut Ketum.

Erick Thohir mengatakan penting sekali untuk bisa menjalin kerja sama dengan sponsor utama salah satunya adalah perusahaan finansial. Pasalnya dengan begitu akan mempermudah penawaran menarik pada penonton untuk menyaksikan langsung Piala Dunia FIFA U-17. 

“Contohnya Visa sebagai sponsor, kamk lakukan beberapa paket strategi ticketing. Apakah nanti ada paket nonton berapa kali, lalu ada diskon, ini yang kami sedang dorong," ujar Erick. 

"Alhamdulillah dari pertemuan dengan FIFA, kami sudah dapat clearance untuk kerjasama paket-paket ini," bebernya. 

Upaya PSSI menyanggupi target yang diberikan FIFA bukan tanpa alasan. Erick Thohir menyebutkan bahwa hal itu adalah salah satu upaya federasi agar bisa terus mendapat kepercayaan dari badan sepak bola dunia itu untuk menggelar event-event bergengsi lainnya. 

Berkaca pada edisi terakhir Piala Dunia FIFA U-17 2019 di Brasil, dari 52 partai yang terselenggara tercatat total penonton mencapai 174.603. Itu berarti, rata-rata penonton yang hadir per laga mencapai 3.358 penonton.

Sedangkan gelaran Piala Dunia U-17 2017 di India, dari 52 pertandingan total penonton yang hadir mencapai 1.347.133 orang. Dengan rata-rata penonton per pertandingan mencapai 25.906 tak heran jika FIFA menargetkan Indonesia bisa menghadirkan lebih banyak penonton yang datang langsung ke stadion.

Pada edisi ke-19 yang digelar di Indonesia tahun ini, lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 menggunakan empat stadion yang berbeda. Keempatnya berada di pulau Jawa yang meliputi Stadion Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).