Bukan Zinedine Zidane, Real Madrid Malah Pilih Pelatih dari Premier League
Manajer Brighton and Hove Albion Roberto Di Zerbi menjadi target Real Madrid menggantikan Carlo Ancelotti. (Twitter @OfficialBHAFC)

Bagikan:

JAKARTA - Zinedine Zidane bukan lagi menjadi target Real Madrid untuk menggantikan pelatih Carlo Ancelotti. Madrid justru mengincar manajer klub Premier League Inggris.

Zidane sempat menjadi prioritas dan disebut-sebut bakal kembali ke Santiago Bernabeu untuk kali ketiga. Peluang itu sangat terbuka karena kehadiran Zidane bisa memuluskan kedatangan Kylian Mbappe ke Madrid.

Ya, Zidane bersedia kembali melatih bila di tim ada Mbappe. Sebaliknya, Mbappe kian bersemangat meninggalkan Paris Saint-Germain untuk bergabung dengan klub yang ditangani Zidane.

Namun skenario itu sepertinya berantakan. Madrid justru merencanakan memboyong manajer klub Premier League, Brighton and Hove Albion.

Manajer asal Italia Roberto Di Zerbi dikabarkan sudah dihubungi Madrid untuk menggantikan Ancelotti yang kontraknya berakhir musim ini.

Madrid memang sudah sibut mencari pengganti Ancelotti. Pasalnya, eks pemain timnas Italia yang sukses menangani AC Milan dan Juventus ini sudah disebut-sebut melatih timnas Brasil.

Dan, Di Zerbi sudah disebut-sebut menjadi favorit untuk menggantikan kompatriotnya di Los Blancos. Menurut harian Spanyol, Sport, Madrid sudah melakukan kontak secara intensif dengan Di Zerbi.

Mengapa pelatih berusia 44 ini bisa menjadi pilihan Madrid? Apalagi, dia sebelumnya lebih banyak menangani klub medioker.

Namun Di Zerbi sukses menjadikan Brighton sebagai tim yang mampu memainkan sepak bola ofensif dengan baik. Bahkan gaya bermain Brighton mendapat pujian dari manajer Manchester City Pep Guardiola.

Guardiola menyebut Di Zerbi sebagai salah satu manajer yang berpengaruh selama dua dekade terakhir. Manajer yang sebelumnya mengarsiteki Shakhtar Donetsk ini memang sukses mengangkat performa Brighton.

Meski pernah dibantai Aston Vila 6-1, namun The Seagulls sukses mempermalukan Manchester United 3-1 di Old Trafford.

Mereka juga menahan Chelsea 2-2. Hanya, performa Brighton memang cenderung naik turun.

Namun Madrid sudah terkesan dengan kinerja Di Zerbi di Brighton yang kontraknya baru berakhir 2026. Presiden klub Florentino Perez menilai Di Zerbi paling layak menggantikan Ancelotti.

Negosiasi awal di antara kedua belah pihak sudah dilakukan. Bila berhasil diwujudkan, maka Di Zerbi akan melakukan lompatan besar dalam karier melatihnya.

Bila sebelumnya, dia hanya menangani klub-klub kecil dan medioker, kini Di Zerbi berpeluang melatih salah satu klub terbesar di Eropa dan bahkan dunia.