5 Minuman Penambah Energi sebelum Olahraga, Bikin Tubuh Makin Bertenaga
Ilustrasi minuman penambah energi sebelum olahraga (Gustavo Fring/Pexels).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Meminum minuman penambah energi sebelum olahraga dapat membantu menjaga konsentrasi dan kinerja, menambah daya tahan tubuh, mencegah peningkatan denyut jantung, serta mencegah peningkatan suhu tubuh yang berlebihan.

Lantas, apa saja minuman penambah energi sebelum olahraga yang direkomendasikan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Minuman Penambah Energi sebelum Olahraga

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sederet minuman penambah energi sebelum olahraga yang perlu Anda ketahui:

1. Air Lemon dan Madu

Rekomendasi minuman penambah energi sebelum olahraga yang pertama adalah air lemon yang sudah dicampur dengan madu.

Sebagaimana diketahui, lemon dan madu merupakan dua bahan dengan banyak manfaat kesehatan. Mengombinasikan kedua bahan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, konsumsi air lemon madu sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum berolahraga juga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kendati rasanya manis, madu tidak akan membuat tubuh melemah, seperti konsumsi makanan manis lainnya.

2. Air Kelapa

Minum air kelapa sebelum olahraga bisa membantu Anda merasa lebih energik. Selain itu, air kelapa yang diminum sebelum olahraga juga dapat meningkatkan kinerja.

Pada saat berolahraga, tubuh akan kehilangan elektrolit dalam jumlah yang cukup banyak. Elektrolit dapat tereleminasi dari tubuh bersama keringat. Nah, elektrolit yang hilang perlu segera diganti.

Air kelapa merupakan sumber cairan yang bisa menggantikan elektrolit yang hilang selama aktivitas latihan fisik.

3. Kopi

Rekomendasi minuman penambah energi sebelum olahraga berikutnya adalah kopi.

Minum kopi sekitar 45-60 menit sebelum melakukan latihan fisik memungkinkan kafein mencapai efektivitas puncaknya. Kafein yang terkandung dalam kopi, mempunyai manfaat yang baik sebelum berolahraga bila dikonsumsi dalam dosis yang tepat.

Agar energi Anda bertambah sebelum berolahraga, Anda disarankan untuk minum kopi hitam yang tidak mengandung karbohidrat.

Hindari minum kopi yang mengandung sirop dan perasa tambahan karena kalori dan gulanya cukup tinggi. Selain dapat menghambat tujuan kebugaran berolahraga, minuman ini juga sangat sulit dicerna oleh tubuh.

4. Teh Hijau dan Madu

Selain kopi, teh juga termasuk minuman penambah energi sebelum olahraga. Akan tetapi, jenis teh yang dapat dimanfaatkan untuk menambah energi adalah teh hijau atau teh hitam yang mengandung kafein.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menambahkan satu sendok madu dan aduk hingga merata. Kafein dapat membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan saat berolahraga.

Sedangkan madu dianggap sebagai makanan praolahraga yang bagus. Sebab, sel-sel tubuh memecah gula alami, memberi tubuh tenaga ekstra.

5. Air Maple

Berasal dari campuran air tanah dan gula alami dari pohon maple, air maple adalah getah maple yang disadap di awal musim ini. Air maple bisa dijadikan sebagai minuman penambah energi sebelum olahraga karena mengandung elektrolit dan antioksidan.

Berkat kandungan elektrolitnya, air ini dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Selain itu, elektrolit juga memberi muatan yang diperlukan untuk bertenaga sepanjang hari.

Demikian informasi tentang minuman penambah energi sebelum olahraga. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.