Senam yang Cocok untuk Lansia Aman Dilakukan demi Menjaga Kebugaran di Masa Tua
Ilustrasi lansia sehat (Drazen Zigic/Freepik).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak senam yang cocok untuk dilakukan lansia. Selain menyehatkan, senam juga aman sehingga tidak berpotensi memicu kondisi drop. Meski demikian, pemilihan senam harus dilakukan sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

Senam yang Cocok untuk Lansia

Pada dasarnya gerakan senam membutuhkan kekuatan dan keserasian gerak fisik secara teratur. Bagi lansia, berbagai gerakan bisa jadi senam yang mudah, aman, sekaligus menyehatkan. Berikut ini beberapa senam dan durasi yang dianjurkan.

  1. Jalan Santai

Jalan santai tidak hanya mudah, tapi aman dilakukan oleh lansia. Tak perlu melakukan gerakan atraktif, cukup berjalan santai secara teratur setiap hari. Lakukan olahraga ini dengan durasi paling sedikit 30 menit. Namun, untuk melakukannya disarankan untuk memilih sepatu yang sesuai dengan kaki.

  1. Jalan Cepat

Gerakan jalan cepat sangat mudah dilakukan oleh lansia. Olahraga ini masuk dalam latihan aerobik dengan intensitas lebih rendah dibanding joging. Manfaat jalan cepat untuk lansia adalah meningkatkan detak jantung sekaligus memperkuat otot.

Untuk lansia, jalan cepat tak terlalu membebani sendi sehingga aman dan tak memicu rasa sakit setelah joging. Lakukan jalan cepat di pagi hari dengan durasi minimal 30 menit. Atau, Anda bisa mencari durasi melakukan joging untuk usia 50 tahun. Jangan lupa untuk memilih lintasan yang tidak terlalu ramai.

  1. Tai Chi

Gerakan Tai Chi bisa diaplikasikan menjadi gerakan senam. Ada banyak gerakan yang bisa dilakukan. Temponya yang lambat sangat bermanfaat untuk membantu melatih kekuatan otot dan sendi. Selain itu, Tai Chi memang terbukti aman bagi para lansia. Untuk meniru gerakan Tai Chi ada disarankan untuk mendatangkan trainer.

  1. Senam Kebugaran

Senam ini sangat mudah dan banyak dilakukan oleh para lansia. Seperti namanya, senam kebugaran membantu lansia menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, serta membantu meregangkan otot. Ada banyak variasi gerakan yang bisa dilakukan, misalnya dengan menganggukan kepala ke arah atas dan bawah sebanyak lima kali. Setelah itu, lanjutkan dengan gerakan menoleh ke samping kanan dan kiri masing-masing 5 kali. Anda bisa mengombinasikan gerakan lain untuk meregangkan otot leher dan bahu.

  1. Shoulder Rolls

Shoulder rolls adalah senam yang bisa dilakukan sambil berdiri atau duduk dengan cara memutar bahu ke depan maupun ke belakang. Selain itu, kombinasikan dengan mengangkat bahu secara pelan. Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot di area bahu dan mencegah nyeri di area tersebut.

  1. Senam Keseimbangan

Sering dengan pertambahan usia, Anda akan semakin kehilangan keseimbangan tubuh. Agar keseimbangan tetap terjaga, lakukan senam keseimbangan untuk menambah koordinasi fisik lansia. Senam ini dilakukan dengan cara berdiri dengan posisi kaki rapat, sedangkan kaki ditempatkan di samping.

Angkat tangan kiri ke atas dan secaa bersamaan angkat kaki kiri dari lantai pelan-pelan. Tahan posisi ini selama 10 detik setelah itu turunkan pelan-pelan. Lakukan gerakan secara bergantian dengan kaki dan tangan lain.

Untuk menambah khazanah pengetahuan, simak artikel gerakan senam aerobik untuk pemula yang akan memberikan informasi kepada pembacara terkait senam aerobik.

Itulah informasi terkait senam yang cocok untuk lansia. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.