Daftar 10 Pemain Termahal yang Bebas Agen Akhir Musim Ini
Kylian Mbappe kemungkinan besar gabung Real Madrid pada akhir musim (Instagram/@k.mbappe).

Bagikan:

JAKARTA - Jendela transfer Januari sudah resmi dibuka pada hari pertama tahun 2024. Klub-klub seluruh Eropa sudah mulai membidik targetnya demi peningkatan skuad menghadapi paruh kedua musim.

Seperti biasanya, bursa musim dingin sebetulnya tampak lebih tenang ketimbang musim panas atau akhir musim kompetisi.

Meski demikian, aktif pada periode transfer musim dingin menjadi strategi tersendiri buat klub. Beberapa kesepakatan besar bahkan selesai pada bursa Januari dalam beberapa musim terakhir.

Boleh dibilang, menyelesaikan kesepakatan pada bursa musim dingin merupakan strategi agar unggul dalam kecepatan merekrut pemain penting. Jadi, pada musim panas nanti tak terlalu berebut dengan tim lain dan riuh di bursa.

Selain itu, bursa Januari juga menjadi ajang klub-klub untuk membujuk pemain agar tak memperpanjang kontrak dan pindah pada akhir musim. Biasanya, pemain-pemain yang terlibat negosiasi pada periode ini kontraknya akan habis pada akhir musim.

Secara peraturan, klub-klub memang bisa mendekati pemain dengan sisa kontrak enam bulan, bahkan langsung menjalin kesepakatan kontrak.

Artinya, klub-klub bisa langsung memboyong pemain baru pada akhir musim karena sudah deal di bursa Januari. Secara harga, tentu lebih murah atau bahkan gratis karena status pemain bebas agen.

Nah, pada pembukaan bursa musim dingin banyak talenta top yang kontraknya tersisa kurang dari enam bulan atau berakhir pada musim panas tahun ini. Banyak klub sudah bergerak demi mendapat pemain harga murah dan gratis meski berlabel bintang.

Tercatat, setidaknya ada 10 pemain top dengan nilai kontrak tinggi yang menjadi bebas agen pada akhir musim ini.

Kylian Mbappe

Kylian Mbappe tidak diragukan lagi adalah pemain dengan profil tertinggi dengan kontrak yang akan berakhir musim panas. Kepindahan Mbappe yang berlarut-larut ke Real Madrid telah berubah menjadi sebuah saga.

Namun, kepindahan ke raksasa Spanyol itu sepertinya tidak bisa dihindari lagi seperti pada masa lalu. Sebagaimana diketahui, satu setengah tahun lalu Mbappe menolak tawaran Madrid karena alasan tak jelas.

Kini, bintang asal Perancis itu sudah mantap untuk meninggalkan PSG. Dia menjelaskan musim panas lalu bahwa tidak akan memperpanjang kontraknya di PSG karena keinginannya untuk bergabung Madrid dan dia dikeluarkan dari tim utama.

Mbappe tetap menjadi pemain paling mahal di dunia dengan nilai 180 juta euro meskipun ia akan pindah secara gratis. Tuntutan gaji sang penyerang membuat hanya sedikit klub yang mau merekrutnya.

Jelas, Real Madrid jadi yang terdepan. Pekan ini, Los Blancos berencana melakukan negosiasi intens untuk memastikan Mbappe menandatangani kesepakatan pada bursa Januari.

Adrien Rabiot

Adrien Rabiot belum tampak memperpanjang kontrak bersama Juventus. Artinya, kontraknya tersisa hanya sampai akhir musim ini.

Manchester United sempat kepincut untuk membawa gelandang Perancis itu ke Old Trafford. Namun, belakangan Setan Merah kehilangan minat.

Kondisi itu memungkinkan Juventus memperpanjang kontrak Rabiot lagi mengingat dia adalah pemain kunci.

Tomas Soucek

Tomas Soucek menjadi pemain reguler di West Ham, tetapi belum ada kesepakatan mengenai kontrak baru. Meski begitu, ada klausul perpanjangan satu tahun dalam kontraknya saat ini.

Inter Milan dilaporkan sedang memantau pemain Timnas Republik Ceska yang dihargai 35 juta euro.

Piotr Zielinski

Piotr Zielinski tampaknya menjadi pemain pertama yang sudah menjalin kesepakatan pada bursa Januari. Sejumlah media Italia, mengabarkan dia setuju bergabung Inter Milam pada akhir musim ini.

Padahal, Zielinksi merupakan pemain kunci Napoli memenangi gelar Serie A 2022/2023, pertama sejak 1990. Namun, kontraknya berakhir pada Juni 2024 dan belum ada kesepakatan perpanjangan dengan Napoli. Tentu saja, kesempatan itu tak disia-siakan Inter Milan.

Dia sudah membuat 22 penampilan pada musim ini. Gelandang tengah ini juga telah mengumpulkan 86 caps untuk Polandia.

Mario Hermoso

Nilai pasar Mario Hermoso meningkat 5 juta euro menjadi 25 juta euro setelah penampilan mengesankan bersama Atletico Madrid.

Hermoso telah membuat 22 penampilan sepanjang paruh musim ini untuk tim asuhan Diego Simeone. Namun, dia belum menandatangani kontrak baru.

Juventus menjadi satu-satunya tim yang tengah memantau status bek tersebut. Jika Atletico tak cepat bertindak, Si Nyonya Tua siap mengakuisisi pada bursa musim dingin ini.

Guido Rodriguez

Guido Rodriguez menjadi pemain kunci Real Betis, tetapi masa depannya masih belum pasti.

Pemain Timnas Argentina ini banyak dicari karena dikaitkan dengan Barcelona dan Manchester United dalam beberapa bulan terakhir.

Meskipun disodori perpanjangan, Rodriquez tampaknya akan menolak. Pada usia 29 tentu dia akan mencari kontrak besar terakhir dalam kariernya.

Aaron Wan-Bissaka

Kontrak Aaron Wan-Bissaka akan habis 30 Juni 2024, tetapi Manchester Untied memegang klausul perpanjangan satu tahun.

Bek kanan seharga 20 juta euro ini telah melakukan negosiasi mengenai kontrak baru, tetapi belum ada kesepakatan.

Wan-Bissaka, bagaimanapun bermain secara reguler di bawah asuhan Erik ten Hag ketika fit. Dia kemungkinan akan menandatangani kontrak baru di United.

Daichi Kamada

Daichi Kamada baru bergabung Lazio pada awal musim ini dengan durasi satu tahun. Hanya saja, tak ada tanda-tanda klub Italia tersebut memperbarui kontraknya.

Kamada bersinar di Frankfurt, tetapi dia kesulitan untuk mendapatkan tempat reguler di Lazio musim ini.

Pemain Timnas Jepang itu bisa menjadi aset panas pada bursa Januari ini agar dia pindah secara gratis pada akhir musim.

Josh Brownhill

Josh Brownhill merupakan kapten Burnley dan pemain kunci Manajer Vincent Kompany. Namun, kondisi klub membuat sang pemain sedang mempertimbangkan pilihannya.

Burnley tampaknya tidak mungkin bertahan di Liga Inggris. Pastinya, Brownhill akan mendapat tawaran dari klub-klub yang pasti bertahan di Liga Inggris musim depan.

Brownhill bakal menjadi incaran pada bursa musim dingin saat ini. Apalagi, dia terang-terangan mengagumi Wolves.

Wilfred Ndidi

Wilfred Ndidi tetap di Leicester City meskipun mereka terdegradasi ke Championship. Tampaknya, mereka akan kembali promosi ke Premier League atau Liga Inggris musim depan.

Hanya saja, masa depan Ndidi masih tanda tanya. Banyak peminat dari seluruh Eropa. Dia diprediksi banyak pihak akan pergi dari Leicester saat kontraknya selesai pada 30 Juni 2024.