Newcastle ke Perempat Final Piala FA Usai Menang Adu Penalti Lawan Blackburn
Kiper Newcastle United Martin Dubravka menggagalkan penalti pemain Blackburn Rovers Dom Hyam di Piala FA. (X/@EmiratesFACup)

Bagikan:

JAKARTA - Newcastle United harus bekerja keras sebelum mengalahkan Blackburn Rovers 4-3 (1-1) lewat adu penalti di babak kelima Piala FA. Kemenangan dalam laga di Stadion Ewood Park, Rabu, 28 Februari 2024 dini hari WIB, membawa Newcastle ke perempat final.

Kiper Martin Dubravka menjadi bintang kemenangan Newcastle dalam duel ketat dari kedua tim yang saling serang itu. Dubravka tercatat dua kali menggagalkan eksekusi penalti dari Sammie Szmodics dan Dom Hyam saat dilakukan adu penalti.

Hasilnya, Newcastle pun lolos ke perempat final karena hanya satu penendang yang gagal, yaitu Harvey Barnes. Sedangkan Blackburn menjadi tim dari Divisi Championship yang gagal mengikuti jejak Leicester City.

Pertandingan itu sendiri sempat terkendala dan mundur selama 15 menit. Gara-garanya, penonton masih belum bisa masuk stadion. Mereka tertahan di luar stadion karena harus antre sebelum memasuki stadion.

Saat pertandingan bergulir, wasit terpaksa menghentikannya di menit 14. Gara-garanya suporter tuan rumah melemparkan bola tenis ke lapangan.

Lemparan bola tenis berasal dari tribun Ronnie Clayton, legenda Blackburn, sebagai bentuk protes terhadap pemilik klub, Grup Venky dari India, yang sudah 14 tahun menguasai Blackburn.

Butuh waktu sampai lima menit untuk menyingkirkan bola tenis dari lapangan. Setelah bersih kembali, pertandingan dilanjutkan. Meski dari divisi kedua, Blackburn mampu merepotkan Newcastle.

Tercatat, tuan rumah mendapat peluang melalui Szmodics. Namun usaha dari penyerang andalan Blackburn ini masih gagal.

Begitu pula sepakan Tyrhys Dolan bisa diselamatkan dengan baik oleh Dubravka. Sampai akhir babak pertama, pertandingan masih 0-0.

Di babak kedua, Newcastle meningkatkan tempo permainan. Mereka tampil menekan. Hanya saja, tuan rumah pun tetap bermain terbuka. Bahkan Blackburn beberapa kali sempat mengancam pertahanan The Magpies.

Saat fokus meyerang, pertahanan Blackburn sedikit melemah. Celah ini yang kemudian dimanfaatkan striker Anthony Gordon. Dirinya memecah kebuntuan setelah menyelesaikan assist dari Miguel Almiron di menit 71.

Namun keunggulan 1-0 Newcastle tak bertahan lama. Hanya berselang delapan menit, Szmodics yang tak henti menebar ancaman akhirnya membobol gawang The Toon Army. Dirinya menuntaskan bola rebound yang mengubah skor menjadi 1-1.

Blackburn nyaris memperbesar keunggulan saat tendangan Yasin Ayari berbelok arah di injury time. Namun Dubravka dengan sigap menggagalkan lewat kakinya.

Skor akhir 1-1 sehingga pertandingan dilanjutkan extra time. Namun lagi-lagi tidak ada gol yang tercipta. Pertandingan itu diakhiri dengan adu penalti.

Dubravka menunjukkan kematangan dengan menggagalkan eksekusi pertama yang dilakukan Szmodics.

Selanjutnya Dubravka juga menggagalkan tendangan eksekutor terakhir, Hyam. Skor menjadi 4-3 untuk Newcastle dan mereka lolos ke perempat final.