Surabaya Samator Absen di Proliga 2024
Proliga 2024 tak akan diikuti Surabaya Samator (dok. Proliga).

Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memastikan klub bola voli legendaris putra, Surabaya Samator, absen dari kompetisi bergengsi Proliga 2024.

Dalam keterangan resmi, federasi bola voli nasional itu mengonfirmasi klub Garuda Jaya akan mengisi slot kosong yang ditinggal Surabaya Samator sehingga total ada tujuh tim putra menjadi kontestan pada musim ini.

Garuda Jaya disiapkan untuk menjadi wakil Indonesia di Kejuaraan Asia U-20. Tim ini diisi oleh pemain dengan rata-rata usia 19 tahun.

Mengingat waktu pelatihan nasional (pelatnas) yang sudah sangat mepet membuat tim ini dipersiapkan melalui kompetisi Proliga 2024.

"Kami sudah tidak punya waktu lagi untuk melakukan pelatnas menghadapi Kejuaraan Asia itu," kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP PBVSI, Loudry Maspaitella.

Enam tim putra lainnya yang akan berkompetisi bersama Garuda Jaya ialah Jakarta LavAni Allo Bank, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, dan Kudus Sukun Badak.

Jumlah ini sama dengan tim putri yang akan mengikuti kasta tertinggi liga voli di Indonesia tersebut. Salah satu di antaranya ialah tim juara bertahan Bandung BJB Tandamata.

Sementara itu, enam tim putri lainnya yang menjadi peserta ialah Jakarta Pertamina Enduro, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BIN, Jakarta Elektrik PLN, dan pendatang baru Jakarta Livin Mandiri.

Proliga 2024 akan dimulai pada 25 April hingga 21 Juli 2024. Pertandingan akan dihelat di sembilan kota di Indonesia.

Tujuh dari sembilan kota akan menggelar babak reguler, yakni Yogyakarta, Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, dan Surabaya. Sementara itu, putaran final four hingga grand final berlangsung di Kediri, Solo, dan ditutup di Yogyakarta.