Hasil Uber Cup 2024: Indonesia ke Final Bertemu China
Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo dalam laga melawan Korea Selatan di semifinal Uber Cup 2024. (Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putri Indonesia melangkah ke babak final Uber Cup 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan.

Indonesia harus menurunkan semua lima wakilnya untuk menang atas tim juara bertahan dengan skor 3-2 di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, Cina, pada Sabtu, 4 Maret siang WIB.

Dalam pertandingan ini, Indonesia mengamankan angka pertama melalui tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Dia mengalahkan Sim Yu Jin dua gim langsung.

Di tunggal putri pertama ini Korea tidak menurunkan kekuatan terbaik mereka An Se Young. Nomor satu dunia itu tidak ada di line up karena kondisi kurang bugar.

“Dari Korea di luar prediksi karena An Se Young tidak turun. Tadi lebih coba rileks, terakhir kali saya memang kalah dari Sim Yu Jin tapi saya melihat kesempatan untuk membuka angka,” ujar Gregoria usai laga.

Korea lalu membalas sekaligus menyamakan kedudukan pada partai kedua. Ganda andalan mereka Baek Ha Na/Lee So Hee menaklukan pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Indonesia kemudian kembali unggul di laga ketiga. Ester Nurumi Tri Wardoyo yang turun, berhasil menghentikan lawannya Kim Ga Ram dalam laga rubber game.

Pada partai keempat Indonesia kembali menelan kekalahan. Kali ini giliran pasangan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto yang takluk di tangan Jeong Na Eun/Kong Hee Yong.

Kemenangan Indonesia lalu ditentukan di partai terakhir saat Komang Ayu Cahya Dewi. Di laga ini Komang bangkit dari ketertinggalan gim pertama melawan Kim Min Sun untuk mengantar Indonesia ke puncak turnamen.

 Di partai puncak nanti, Merah Putih akan melawan China, yang lolos ke final setelah mengalahkan Jepang dengan skor telak 3-0.

 Ini adalah final pertama Indonesia dalam 16 tahun terakhir. Terakhir kali Indonesia melaju ke final adalah Uber Cup edisi 2008 silam yang berlangsung di Jakarta.