Karena Fitur Ini, Tesla Dipetisi Lakukan Penarikan Kembali
Tesla Model X. (Dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla telah menawarkan berbagai teknologi yang disematkan di dalam mobilnya, salah satunya ialah penerapan berpindah gigi dari maju ke mundur tanpa injak pedal. Namun, cara tersebut kini jadi petisi.

Badan Administrasi Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) sedang menyelidiki terkait petisi yang memaksa Tesla untuk melakukan penarikan kembali setiap kendaraan yang yang dijual setelah 2013.

Dalam dokumen teknis yang dikirim dari Costas Lakafossis, seorang insinyur mekanik dan aeronautika dan penyelidik kecelakaan dari Yunani mengatakan, ia menuduh Tesla memperkenalkan "fitur khusus" yang mendorong peristiwa percepatan yang tidak disengaja yang mengakibatkan kecelakaan dan cedera.

"Salah satu 'fitur khusus' tersebut adalah kemampuan mobil untuk berhenti dan berpindah ke gigi mundur saat pengemudi siap untuk parkir, tanpa memerlukan aktivasi pedal rem yang sebenarnya. Hal ini tidak ada manfaat praktis yang berpotensi membahayakan," tulis Lakafossis, dikutip dari Carscoops, Selasa 11 April 2023.

Dalam petisi tersebut, Lakafossis menunjukkan bahwa sejak tahun 1980-an telah diketahui bahwa fitur Brake Transmission Shift Interlock (BTSI) mengurangi kejadian akselerasi mendadak yang tidak diinginkan pada kendaraan transmisi otomatis. Fitur ini juga telah diwajibkan pada kendaraan sejak 2010.

Insinyur asal Yunani tersebut juga mengatakan, melepaskan kedua kaki dari pedal merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko kesalahan penerapan pedal, dan menunjukkan sejumlah kecelakaan yang diserahkan ke NHTSA.

Lakafossis juga menyarankan agar fitur tersebut tidak diizinkan dan meminta pengemudi untuk injak pedal rem sebelum beralih ke fitur berkendara ke mundur pada mobil Tesla. Ia juga menyarankan cara termudah ialah memperbarui perangkat lunak pada mobil.

Dengan disampaikannya petisi tersebut, NHTSA akan mengevaluasi tuduhan Lakafossis dengan mempertimbangkan terhadap data lapangannya sendiri untuk menentukan apakah petisi tersebut diterima atau ditolak.

Jika petisi diterima, maka NHTSA akan melakukan penyelidikan dan memaksa Tesla melakukan penarikan kembali. Mereka juga sebelumnya menyelidiki peristiwa yang sama pada tahun 2020.