Hyundai Ungkap Harga Baterai Mobil Listrik Lebih Mahal dari Satu Unit LCGC
Hyundai Ioniq 5. (Dok. Hyundai Motor Group)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah bukan lagi rahasia bahwa baterai adalah komponen paling mahal dalam kendaraan listrik, yang menjadi penyebab harga mobil listrik yang tinggi.

Kenyataan ini disebabkan oleh kompleksitas pengembangan baterai untuk kendaraan listrik yang memerlukan material berkualitas tinggi, sehingga harganya cukup tinggi, dengan kisaran mulai dari Rp300 juta hingga Rp400 juta atau bahkan lebih, melebihi harga rata-rata mobil LCGC yang biasanya berada di bawah Rp200 juta.

Fajar Ahya, selaku Assembly Process Engineer di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), menjelaskan bahwa harga satu set baterai untuk Hyundai Ioniq 5 hampir mencapai setengah dari harga mobil itu sendiri.

"Komponen baterai adalah yang paling mahal, dengan harga sekitar Rp300 juta untuk versi standar dan berkisar Rp400 juta untuk versi Ioniq 5 yang memiliki jangkauan tempuh lebih jauh," kata Fajar, dilansir ANTARA, Senin, 2 Oktober.

Pesaing dari Toyota bZ4X ini memiliki baterai berkapasitas tinggi, yakni 72,6 kWh untuk varian Long Range dan 58 kWh untuk varian Standard Range. Baterai ini adalah sumber daya bagi motor listrik permanent magnet synchronous yang mampu menghasilkan daya sebesar 211 dk dan torsi sebesar 350 Nm.

Fajar juga mengungkapkan bahwa produksi lokal Ioniq 5 di dalam negeri mencapai sekitar 1.200 unit per bulan. Namun, perakitan lokal ini hanya ditujukan untuk pasar Indonesia dan tidak untuk diekspor.

"Dalam kondisi normal, kami memproduksi Ioniq 5 sebanyak 1.000 hingga 1.200 unit per bulan," tambah Fajar.

Di Indonesia, Hyundai menawarkan beberapa varian untuk Ioniq 5, termasuk Prime Standard Range sebagai varian terendah dengan jarak tempuh hingga 384 km dengan harga Rp759 juta. Sementara itu, varian tertinggi, yaitu Prime Long Range dengan jarak tempuh 481 km, dibanderol seharga Rp800 juta, dan Signature Long Range dengan kemampuan mencapai 451 km dijual seharga Rp870 juta. Semua varian sudah dilengkapi dengan fitur terbaru, Bluelink.

Berkat desain dan kinerjanya yang luar biasa, Ioniq 5 berhasil meraih penghargaan bergengsi, termasuk gelar "World Car of the Year 2022."