Biaya Servis Mobil Hybrid Benarkah Lebih Mahal dari Mobil BBM?
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mobil hybrid kini semakin banyak diproduksi karena permintaan di pasar juga kian meningkat. Namun perawatan mobil hybrid disebut lebih mahal dibandingkan dengan jenis mobil biasa karena menggunakan dua sistem penggerak, yaitu bahan bakar bensin dan motor listrik. Lantas berapa biaya servis mobil hybrid dan benarkah cukup mahal?

Mobil hybrid tengah marak digemari karena penggunaanya sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, yaitu memakai bahan bakar listrik. Dengan mobil hybrid, Anda bisa memilih ingin mengendarai menggunakan BBM atau tenaga listrik. Tentu saja harga mobil hybrid juga lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional atau BBM.

Kebutuhan perawatannya mobil hybrid pun pastinya berbeda dari mobil biasa yang hanya memiliki satu jenis mesin. Banyak orang yang menanyakan apa saja biaya servis mobil hybrid dan perawatan komponennya.

Biaya Servis Mobil Hybrid

Secara umum biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan mobil hybrid relatif sama dengan servis mobil konvensional. Dalam kebutuhan servis, proses perawatan kedua jenis mobil ini tidak jauh berbeda.

Pemilik mobil hybrid disarankan untuk melakukan perawatan atau servis ke bengkel resmi setiap angka odometer menyentuh kelipatan 10,000 km. Begitu pula dengan kebutuhan servis pada mobil konvensional.

Perbedaan kecil terdapat pada komponen filter udara yang ada di sistem pendingin baterai. Komponen ini perlu dibersihkan secara berkala setiap 6 bulan sekali. Apabila odometer mobil menyentuh angka 40,000 km, filter udara baterai perlu diganti dengan yang baru.

Komponen lain pada mobil hybrid yang perlu diperhatikan adalah cairan pendingin radiator. Komponen ini perlu diganti dengan yang baru ketika mobil sudah mencapai jarak 160,000 kilometer.

Dengan kebutuhan servis yang tidak terlalu berbeda, biaya untuk perawatan mobil hybrid dan mobil konvensional pun tidak jauh berbeda. Misalnya pengguna Camry Hybrid, selama 5 tahun harus menghabiskan uang sebesar Rp29,7 juta untuk perawatan selama 5 tahun. Sementara pada sedan Camry konvensional memerlukan ongkos Rp29,6 juta untuk perawatan.

Contoh lainnya, misalnya pemilik CHR Hybrid dengan penggunaan selama 5 tahun bakal menghabiskan dana perawatan sebesar Rp25,9 juta. Sementara dalam periode yang sama, pengguna SUV compact bahan bakar bensin harus menyiapkan biaya hingga Rp26,57 juta untuk servis.

Tips Merawat Mobil Hybrid

Berikut ini beberapa tips atau cara merawat mobil hybrid agar komponen-komponen di dalam mobil bisa awet dan mampu digunakan dalam waktu yang lama.

Cek Baterai Mobil

Komponen penting dalam mobil hybrid yang perlu mendapat perhatian adalah baterai. Baterai mobil harus diperiksa secara berkala untuk melihat kondisi suplai aliran listrik dan apakah ada permasalahan atau tidak. Bagian ini menjadi penyuplai listrik yang diperlukan oleh mobil untuk bisa melaju. Apabila baterai mobil ini sudah tidak layak dipakai, maka baterai perlu diganti.

Hati-Hati saat Mencuci Mesin Mobil

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah berhati-hati saat mencuci bagian mesin mobil. Jangan asal-asalan atau sembarangan mencuci mobil karena berisiko merusak bagian komponen mesin. Supaya tidak bermasalah atau mengalami kerusakan, pastikan pencucian mesin mobil diperlukan kehati-hatian dan dibawa ke tempat servis terpercaya.

Mengecek Sistem Pendingin Mobil

Radiator sistem pendingin pada mobil juga menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan. Bagian ini perlu diperiksa untuk mengecek apakah cairan pendingin masih dalam volume yang cukup atau berkurang. Apabila cairan sudah berkurang, maka perlu diisi kembali. Selain itu, pembersihan radiator secara berkala juga bertujuan agar tidak muncul jamur yang bisa mengganggu kerja mobil hybrid.

Demikianlah ulasan mengenai biaya servis mobil hybrid dan perbedaannya dengan perawatan mobil biasa. Sebenarnya biaya perawatan kedua mobil ini tidak terlalu jauh, namun biasanya lebih mahal mobil hibrid karena ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.