Biaya Ganti Airbag Mobil yang Sudah Rusak, Berikut Beberapa Estimasi Biayanya
Biaya Ganti Air Bag Mobil (Hasil Tangkap Layar Instagram @grabdearuk)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Harga airbag mobil sesungguhnya agak bermacam-macam. Pada bengkel spesialis, komponen airbag alias kantung udara, dijual tergantung merk mobil. Kira-kira berapa ya biaya ganti airbag mobil yang rusak?

Bila penggantian komponen kantung udara di jalani di bengkel resmi, biayanya memanglah terbilang mahal sampai menyentuh Rp25 jutaan. Pastinya, bayaran ini seimbang dengan guna serta nilai keselamatan pengemudi.

Tetapi bila dana terbatas, mengganti airbag rusak di bengkel spesialis dapat jadi alternatif.

Harga komponen umumnya dihitung satuan, di luar ongkos kerja. Penasaran dengan biayanya?

Biaya Ganti Airbag Mobil pada Umumnya

Karena berhubungan dengan keselamatan pengemudi serta penumpang pasti dari segi bayaran yang butuh dikeluarkan lumayan besar. Dimana pihak Rafi memberikan banderol harga dalam penggantian airbag kendaraan dalam segmen LMPV semacam Xpander, Avanza, Brio serta yang lain mulai Rp6 juta. Buat mobil dalam kelas medium contohnya yakni innova, HR-V serta yang lain mulai Rp8,5 juta.

Berbeda lagi buat mobil BMW, Mercedes- Benz yang ialah kendaraan premium Eropa yang dapat mencapai Rp20 jutaan buat biayanya. Jadi bayaran perbaikan airbag sudah meledak tersebut tercantum pula penggantian balon serta inflator airbag dan tercantum pula perbaikan serta pula jasa pengerjaan.

Cara Menjaga Fungsi Airbag

Kantung udara bisa dilindungi fungsinya dengan langkah-langkah mudah. Silahkan ikuti supaya kantung udara mobil berperan dengan baik.

Melindungi kelistrikan. Jalani pengecekan berkala pada aki serta ECU mobil buat melindungi fungsi airbag tetap berjalan baik. Bila terjadi kerusakan, umumnya lampu indikator airbag akan menyala di layar MID.

Jauhi banjir serta genangan air tinggi. Untuk owner kendaraan, upayakan buat tidak kerap menerobos genangan air yang tinggi. Resiko kerusakan sistem kelistrikan akibat korsleting dapat membuat fungsi airbag terganggu.

Guncangan keras. Bila mobil sempat mengalami guncangan keras, misal menabrak benda padat, tiang pembatas parkir ataupun jalur berlubang, dapat mengganggu fungsi airbag.

Jangan memodifikasi sistem kelistrikan. Perihal ini tentu saja bisa akibatkan fungsi airbag tersendat.

Nah, tetapi walaupun sudah dijaga serta dirawat terkadang airbag pula dapat alami malfungsi loh. Aspek apa saja penyebabnya?

Pemicu Kerusakan

Aspek awal yakni kerusakan sistem sensor. Ini dapat pula disebabkan oleh cacat produksi dari pabrik. Walaupun tidak sering terjadi, tetapi aspek rusaknya sensor semacam ini senantiasa mungkin menimpa owner kendaraan.

Sensor kantung udara pula dapat rusak akibat terserang air. Jadi, bila mobil sempat terendam banjir, besar kemungkinan kantung udara alami kerusakan.

Aspek kedua, terdapatnya kerusakan pada fitur lunak serta kelistrikan. Kerusakan ini pula biasanya disebabkan oleh pabrikan. Tetapi dapat pula akibat kabel- kabel listrik yang terputus akibat gigitan tikus.

Faktor terakhir, kerusakan kantung udara terjadi pada cacat produksi pada modulnya. Kerusakan ini mewajibkan penggantian modul sekalian mengecek seluruh komponen seperti sensor serta kelistrikan.

Jadi setelah mengetahui biaya ganti airbag mobil, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait