Posisi Tangan saat Menyetir Mobil, Seperti Apa Gerakan yang Tepat dan Nyaman?
Posisi tangan saat menyetir mobil (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Posisi tangan saat menyetir mobil perlu diperhatikan oleh para pengemudi pemula atau yang baru belajar. Cara memegang setir mobil sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Tidak sedikit pengemudi pemula yang masih kebingungan pada gerakan tangan saat mengemudi, baik dalam posisi jalan lurus, berbelok, dan sebagainya. 

Mengemudikan mobil tidak hanya menguasai cara menginjak gas, rem, maupun kopling. Teknik memegang setir mobil bahkan perlu diatur mulai dari posisi duduk hingga mobil sudah melaju atau dikendarai. Apalagi bagi pemula biasanya masih kaku atau canggung dalam mengendalikan setir. 

Meski terkesan sepele, cara memegang kemudi yang salah bisa mengakibatkan risiko kecelakaan. Lantas seperti apa posisi tangan saat yang benar saat menyetir mobil?

Posisi Tangan saat Menyetir Mobil

Posisi tangan saat menyetir mobil sebaiknya tidak dalam kondisi tegang atau kaku. Hindari posisi tangan yang terlalu lurus karena bakal menyulitkan gerakan saat mengendalikan setir. Jadi atur posisi duduk sebaiknya tidak terlalu berjarak atau jauh dari setir. 

Letakkan kedua tangan dalam posisi seperti arah jam 9 dan 3 di atas setir. Tangan kanan dalam posisi jam 3 dan tangan kiri ke arah jam 9. Sebaiknya hindari posisi tangan arah jam 10 dan jam 2. Cara memegang kemudi tersebut bisa membahayakan apabila airbag terbuka. 

Saat menggenggam lingkar setir, bagian ibu jari menjepit ke sisi dalam kemudi. Posisi ini bertujuan untuk menghindarkan dari cedera serius pada jarik ketika memutar setir 360 derajat saat belokan tajam atau kondisi darurat. 

Selain itu, hindari memegang setir dengan posisi tangan berada di sisi dalam kemudi. Sebab dalam posisi ini tangan tidak leluasa menjangkau bidang putar kemudi saat memutar atau melepaskan setir mendadak. Posisi ini juga berisiko membuat tangan cedera karena feedback setir dan terlambat melakukan gerakan. 

Cara Memegang Setir saat Mengemudi Mobil

Selain posisi tangan, pengemudi juga harus menerapkan sejumlah teknik lainnya yang mempengaruhi kenyamanan mengendalikan setir. Berikut ini beberapa tips memegang setir yang benar untuk pengemudi pemula:

Posisi Duduk

Untuk mengemudi dengan nyaman, posisi duduk juga harus diperhatikan. Sebelum memulai perjalanan, pastikan sudah merasa nyaman dengan posisi duduk Anda. Anda mengatur kursi dan sandaran kepala sesuai dengan tinggi badan dan panjang kaki Anda.

Disarankan agar kaki dan tangan tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari kemudi. Jika terlalu dekat maka tangan dan kaki Anda mungkin terasa tertekuk, sehingga membuat pengemudi mudah pegal dan tidak rileks. Selain itu, pastikan untuk mengenakan sabuk pengaman sebelum memulai perjalanan. Periksa juga posisi dan kebersihan spion tengah, spion kanan, dan spion kiri, untuk memastikan pandangan tidak terhalang.

Tangan Harus Tetap Berada di Kemudi

Saat mengemudi Anda perlu menjaga tangan tetap berada di setir atau dalam posisi yang konsisten. Pastikan kedua tangan Anda selalu memegang kemudi untuk memudahkan saat berbelok atau siaga melakukan manuver lainnya. Hindari mengemudi dengan satu tangan karena hal ini bisa membahayakan.

Teknik Tarik Dorong saat Berbelok

Cara yang benar mengendalikan kemudi saat berbelok adalah dengan memutar setir dari luar grip. Kemudi terapkan teknik tarik dan dorong atau tangan bergantian. Hindari menarik kemudi dari dalam grip setir, terutama jika ban slip atau pecah karena dapat membuat kemudi sulit dikendalikan.

Jangan Melakukan Posisi Aneh-Aneh

Hindari juga memegang kemudi dengan posisi atau gerakan yang aneh. Posisi yang aneh justru bisa membuat Anda kesulitan dalam mengendalikan kemudi jika terjadi sesuatu. Jadi, pastikan Anda tidak memegang kemudi hanya dengan jari-jari atau bahkan lutut.

Demikianlah ulasan mengenai posisi tangan saat menyetir mobil yang perlu diketahui oleh para pengemudi pemula atau yang baru belajar. Dengan menerapkan cara memegang setir yang benar, Anda bisa mengemudi dengan lebih nyaman dan meningkatkan keamanan berkendara. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.