Goodyear Bakal Hadirkan Ban Khusus Mobil Listrik di Indonesia Tengah Tahun Ini, Apa Bedanya?
Ilustrasi Ban Mobil Goodyear. (Dok. Goodyear Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Goodyear Indonesia terus berinovasi, terutama dengan memasuki segmen kendaraan ramah lingkungan, dengan rencana untuk meluncurkan ban khusus untuk mobil listrik di Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Presiden Direktur Goodyear Indonesia, Iman Santoso yang menyatakan bahwa ban khusus untuk mobil listrik direncanakan akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2024.

"Kami berencana untuk memperkenalkan ban khusus untuk mobil listrik beberapa bulan ke depan," kata Iman kepada awak media beberapa waktu lalu.

Iman menjelaskan bahwa produk tersebut telah menjadi perangkat asli (OEM) untuk beberapa model Tesla di pasar global. Di Indonesia, mobil listrik seperti VinFast telah menggunakan ban Goodyear.

"Beberapa mobil listrik lainnya juga akan menggunakan ban Goodyear di masa depan, mungkin akan diperkenalkan di acara GIIAS, dan beberapa lainnya juga telah menggunakan produk kami," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga menjelaskan perbedaan antara ban untuk mobil konvensional dan mobil listrik. Menurutnya, dari segi konstruksi, komponen, dan teknologi, kedua jenis ban tersebut berbeda karena mobil listrik memiliki bobot yang lebih berat.

"Ban harus mampu menahan beban yang lebih besar daripada mobil biasa, dan mobil listrik tidak menghasilkan suara, sehingga ban menjadi satu-satunya sumber suara, yang berarti ban harus bekerja dalam keheningan," tambahnya.

Ban untuk mobil listrik juga harus aerodinamis dan memiliki hambatan gulir yang rendah. Selain itu, mobil listrik memiliki torsi yang besar, sehingga ban harus dirancang untuk daya tahan yang optimal.

"Tentu saja, ban khusus untuk mobil listrik akan memiliki harga yang lebih mahal," tutupnya.