Loh! Studi Terbaru Sebut Mobil Listrik Mewah Justru Lebih Boros dari Mobil Bensin, Hybrid?
Porsche di pameran Auto China 2024. (Dok. Porsche)

Bagikan:

JAKARTA - Konflik di Timur-Tengah telah memicu kenaikan harga BBM di sejumlah negara di dunia. Tingginya harga BBM ini mungkin menjadi momentum beralih ke mobil listrik. Namun tunggu dulu, sebuah studi terbaru justru menunjukkan bahwa untuk kendaraan tertentu, mobil listrik justru bisa lebih boros dibandingkan mobil bensin.

Menurut studi dari iSeeCars, dikutip dari Autoblog, 5 Mei, yang menganalisa data dari November 2022 hingga April 2023, 15 mobil dengan biaya operasional tertinggi per mil (1,6 km) semuanya adalah mobil mewah listrik (EV dan PHEV). Biaya ini didapatkan dengan menghitung biaya kepemilikan dan operasional, termasuk di antaranya harga beli mobil, biaya pengisian listrik (EV), atau pengisian bensin (mobil bensin), serta jarak tempuh yang dicapai.

Studi tersebut menemukan bahwa meskipun mobil listrik pada umumnya jarang digunakan, namun biaya per kilometernya justru lebih mahal dibandingkan mobil bensin yang lebih sering digunakan.

Porsche Taycan dinobatkan sebagai mobil dengan biaya operasional tertinggi, mencapai 22.02 dolar AS per mil (sekitar Rp352 ribu. Disusul oleh Porsche Cayenne PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) di peringkat kedua dengan biaya 14.69 dolar AS/mil (sekitar Rp 224 ribu).

10 Peringkat Mobil Termahal yang Dikendarai (dolar AS/mil).

Porsche Taycan: 22.02 /mil

Porsche Cayenne PHEV: 14.69/mil

Tesla Model S: 11.62/mil

Audi e-tron Sportback: 9.27/mil

Audi e-tron: 8.78/mil

Polestar 2: 8.55/mil

Lincoln Aviator PHEV: 7.71/mil

Volvo XC40 Recharge: 7.44/mil

BMW i3: 7.24/mil

BMW X5 PHEV: 7.35/mil

Harga beli yang tinggi serta kecenderungan kepemilikan mobil mewah yang umumnya jarang digunakan menjadi faktor utama tingginya biaya operasional per kilometer pada mobil-mobil tersebut.

Sementara itu, mobil hybrid justru mendominasi peringkat 15 mobil dengan biaya operasional termurah. Honda Insight berada di peringkat teratas dengan biaya hanya 1.46 dolar AS/mil (sekitar Rp23 ribu), diikuti oleh Hyundai Ioniq Hybrid di peringkat kedua 1.81 dolar AS per kilometer dan Toyota Corolla Hybrid di peringkat ketiga 1.86 dolar AS/mil atau Rp29 ribu.